PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VII B SMP NEGERI 4 SATU ATAP SALE REMBANG


HENING SUSENA NUGRAHANI, 3101407015 (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VII B SMP NEGERI 4 SATU ATAP SALE REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VII B  SMP NEGERI 4 SATU ATAP SALE REMBANG]
Preview
PDF (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VII B SMP NEGERI 4 SATU ATAP SALE REMBANG) - Published Version
Download (650kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran sejarah adalah salah satu mata pelajaran penting karena dapat menumbuhkan rasa patriotisme pada diri siswa. Tetapi di kelas VII B SMP Negeri Satu Atap 4 Sale Rembang masih banyak hasil belajar sejarah siswa yang kurang baik. Rendahnya hasil belajar sejarah siswa pada kelas VII B SMP Negeri Satu Atap 4 Sale Rembang disebabkan karena siswanya kurang berfikir aktif, strategi yang diterapkan guru masih menggunakan metode konvensional dan kurangnya pemanfaatan media pada saat pembelajaran sejarah. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan penggunaan media Mind Map pada pelajaran IPS sejarah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP N Satu Atap 4 Sale Rembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: mengetahui strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan penggunaan media Mind Map pada pelajaran IPS sejarah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N Satu Atap 4 Sale Rembang. Fenomena seperti ini merupakan suatu permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif-alternatif pemecahannya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan penggunaan media Mind Map. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui data tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan penggunaan media Mind Map, hasil belajar sejarah siswa pada pra siklus nilai rata- rata siswa 52,85 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa 32,14 % terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 62,32 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa 64,28 % pada siklus I dan nilai rata-rata siswa 69,10 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa 82,14 % pada siklus II. Perilaku negatif yang ditunjukkan siswa pun berubah setelah diberikan tindakan. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran, berani mengemukakan pendapat di depan kelas, dan semakin percaya diri tampil dalam presentasi. Selanjutnya, dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomondasikan antara lain (1) Guru harus lebih kreatif, bervariasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran IPS Sejarah agar dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share dengan media Mind Map.(2) Guru juga hendaknya berusaha menciptakan kondisi siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Kegiatan apersepsi dan motivasi perlu dilakukan untuk mendorong keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Bagi siswa perlu adanya peningkatan keaktifan dengan berani mengungkapkan pendapat serta mempresentasikan hasil pembelajaran yang dilakukan sehingga pemahaman dan hasil belajar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS), Mind Map, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2011 15:26
Last Modified: 25 Apr 2015 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item