PENGARUH SIZE, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) (Studi pada Perusahaan-perusahaan dalam Jakarta Islamic Index 2009-2010)
Didin Irmawati, 7250407020 (2011) PENGARUH SIZE, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) (Studi pada Perusahaan-perusahaan dalam Jakarta Islamic Index 2009-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH SIZE, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) (Studi pada Perusahaan-perusahaan dalam Jakarta Islamic Index 2009-2010))
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengungkapan CSR dalam laporan tahunan atau laporan terpisah mencerminkan tingkat akuntabilitas, resposibilitas dan transparasi kepada investor, stakeholders, publik. Akan tetapi pada kenyataannya ketiadaan sandart yang baku menyebabkan pengugkapan CSR kurang transparan. Adanya klaim dari masyarakat dan lingkungan memunculkan kriteria dan penilaian terhadap perusahaan yang dianggap lebih etis. Karakteristik perusahaan seperti size, leverage, profitabilitas dan kepemilikan manajemen dapat dijadikan sebagai prediktor pengungkapan CSR. Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris apakah size, leverage, profitabilitas dan kepemilikan manajemen secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh terhadap pengungkapan CSR. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk dalam JII. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu sampel dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Adapun pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitiaan menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut CSR=0.674 - 0.005 X1 - 0.001 X2 + 0.001 X3 + 0.103 X4 + e. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara simultan size, leverage, profitabilitas dan kepemilikan manajemen berpengaruh terhadap pengungkapan CSR sebesar 29,9 %, dan size berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR secara parsial sebesar 19,71%. leverage secara parsial berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR sebesar 9,73%. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR sebesar 0,20% dan kepemilikan manajemen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR sebesar 1%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktek pengungkapan CSR dalam JII belum bisa dikatakan baik karena rata-rata pengungkapan sebesar 57,45 %. Size, leverage profitabilitas dan kepemilikan manajemen secara simultan berpengaruh dan secara parsial hanya profitabilitas dan kepemilikan manajemen yang berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Saran yang dapat diberikan adalah perlu menggunakan periode pengamatan yang luas, menggunakan sampel yang lebih besar, menambah variabel independen yang terkait dengan CSR, ada standar baku mengenai pengungkapan CSR. ------------------------------------------------------> CSR disclosures in annual reports or separate reports to reflect the level of accountability, resposibilitas and transparency to investors, stakeholders, the public. But in reality the absence of a standardized sandart pengugkapan CSR causes less transparent. The claims of society and raises environmental criteria and assessment of the companies that are considered more ethical. Firm characteristics such as size, leverage, profitability and management ownership can serve as predictors of CSR disclosure. This study aims to prove empirically whether the size, leverage, profitability, and ownership and management simultaneously have an influence on the partial CSR disclosure. The population in this study are all companies that fall into JII. Sampling technique used was purposive sampling is done by taking a sample of the subject is not based on the strata, random or region but is based upon a particular purpose. As for testing the hypothesis using multiple regression with SPSS. Penelitiaan results showed the following regression equation CSR= 0674-0005 X1 - X2 0001 + 0001 + X3 X4 0103 +e. The results of hypothesis testing showed that simultaneous size, leverage, profitability and ownership affect the disclosure of CSR management at 29.9%, and size negatively affect the partial CSR disclosures by 19.71%. Leverage partially negatively affect the disclosure of CSR by 9.73%. No effect on the profitability of CSR disclosures by 0.20% and management ownership has no effect on the disclosure of CSR by 1%. The results of this study can be concluded that CSR disclosure practices in the JII can not be said to be good because the average disclosure of 57.45%. Size, leverage profitability and ownership affect the simultaneous management and profitability and only partial ownership of management that affect the disclosure of CSR. The advice can be given is the need to use an extensive period of observation, using a larger sample, adding an independent variable associated with CSR, any standard regarding disclosure of CSR.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Size, Leverage, Profitabilitas dan Kepemilikan Manajemen Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Size, Leverage, Profitability, and Management Ownership Disclosure Against Corporate Social Responsibility (Corporate Social Responsibility). |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 Nov 2011 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7027 |
Actions (login required)
View Item |