(ABSTRAK) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI


Yulita Zuhrotun Nurbiyanti, 2101407114 (2011) (ABSTRAK) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK  BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER  BAGI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI) - Published Version
Download (209kB) | Preview

Abstract

Pendidikan saat ini sedang gencar-gencarnya membudayakan pendidikan karakter. Salah satu upaya yang dapat dilakukan melalui cerita anak. Konsep cerita anak mengandung pendidikan karakter yang menjunjung moralitas dan perilaku ke arah positif. Anak diharapkan mampu mengembangkan superego yang terimajinasi melalui cerita anak. Cerita anak sebagai sarana pendidikan karakter karena proses penyampaian nilai-nilai pendidikan karakter tidak melalui paksaan sehingga secara otomatis tersampaikan. Proses pembentukan karakter akan masuk dengan sendirinya melalui cerita anak. Dasar pendidikan karakter bersumber pada delapan belas karakter yang diterbitkan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Delapan belas karakter tersebut meliputi relegius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Pendidikan karakter tersebut disajikan dalam bentuk buku cerita. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu (1) bagaimana profil cerita anak berbasis pendidikan karakter sesuai dengan kebutuhan anak-anak dipasaran (2) bagaimana prinsip pengembangan buku cerita anak berbasis pendidikan karakter sesuai dengan kebutuhan anak-anak, dan (3) bagaimana hasil pengujian produk buku cerita anak, sehingga layak digunakan sebagai sarana untuk pendidikan karakter pada anak-anak. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan profil cerita pengembangan buku cerita anak yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak untuk pendidikan karakter, (2) mendeskripsikan prinsip pengembangan buku cerita anak untuk pendidikan karakter sesuai dengan kebutuhan anak-anak, dan (3) memperoleh hasil pengujian produk buku cerita sehingga layak digunakan sebagai sarana untuk pendidikan karakter pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam buku Sugiyono kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi enam tahapan, yaitu (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe buku panduan, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan produk, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan buku panduan yang dibutuhkan siswa maupun guru SD. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil penelitian, yaitu analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap buku cerita anak berbasis pendidikan karakter meliputi (1) kebutuhan buku cerita anak berbasis pendidikan karakter yang mencakup (i) jenis cerita, (ii) tema cerita, (iii) tokoh, penokohan, (iv) suasana, (v) alur, (vi) latar, (vii) panduan cerita, dan, penggunaan bahasa, (2) kebutuhan fisik buku yang mencakup (i) ilustrasi gambar, (ii) pewarnaan,, (iii) ukuran huruf, (iv) bentuk huruf, (v) ukuran buku, (vi) bentuk buku, (vii) ketebalan buku. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut didapatkan prinsip-prinsip penyusunan buku cerita anak berbasis pendidikan karakter, yaitu (1) warna latar cover mencolok, (2) ketebalan buku berkisar antara 70 s.d 100 halaman berisi pendahuluan, isi, dan penyudah, tata letak (layout) yang sederhana, jenis tulisan yang digunakan bervariasi, namun lebih dominan jenis huruf comic sans, (3) isi buku disesuaikan dengan tema, materi yang disajikan berkaitan pendidikan karakter dengan bahasa yang mudah dipahami, (4) dilengkapi dengan gambar-gambar kartun sebagai penunjang cerita. Penilaian yang didapatkan dari guru dan ahli dengan nilai rata-rata (1) cover buku 82,85 dengan kategori baik, (2) anatomi buku 80,85 dengan kategori baik, (3) judul buku 75,7 dengan kategori baik, (4) isi buku 73,05 dengan kategori baik, (5) materi pendidikan karakter 77,1 dengan kategori baik, (6) nilai-nilai pendidikan karakter 80,3 dengan kategori baik, dan (7) permainan 91,7 dengan kategori baik. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan yaitu (1) perbaikan desain cover buku cerita anak dengan penambahan klasifikasi umur sasaran pembaca, (2) perbaikan halaman judul bab buku, yaitu dengan mengubah bentuk judul menjadi huruf kapital, (3) perbaikan materi pendidikan karakter dengan bahasa yang lebih sederhana dan disertai contoh-contoh, (4) perbaikan bahasa cerita anak, yaitu dengan mengganti bahasa yang lebih baik, ringan, sederhana, dan komunikatif, (5) perbaikan diksi, bahasa, dan ejaan lebih diperhatikan, (6) perbaikan letak gambar yang disesuaikan dengan teks cerita agar menyatu, (7) perbaikan nomor halaman, yaitu font penomoran disesuaikan dengan teks cerita, dan (8) perubahan contoh-contoh pendidikan karakter disajikan dengan huruf miring dan tinta biru. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini, yaitu pertama, siswa dan guru membutuhkan buku cerita anak berbasis pendidikan karakter. Kedua, buku cerita anak berbasis pendidikan karakter sudah sesuai, meskipun masih harus ada beberapa perbaikan. Saran yang peneliti rekomendasikan yaitu (1) agar membentuk karakter anak yang berwatak baik harus diajarkan pendidikan karakter, (2) guru dan orang tua sebaiknya memberi motivasi pada anak untuk meningkatkan minat baca, (3) perlu diadakan pengembangan terhadap buku cerita anak berbasis pendidikan karakter bagi siswa SD kelas tinggi untuk melengkapi kekurangan pada buku cerita anak tersebut, dan (4) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku cerita anak berbasis pendidikan karakter bagi siswa SD kelas tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku cerita, cerita anak, dan pendidikan karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2011 07:54
Last Modified: 10 Nov 2011 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7024

Actions (login required)

View Item View Item