Efektivitas Penggunaan CD Interaktif dalam Pembelajaran Jurnal Penyesuaian untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal.


Zona Zolade Ohara, 7101406067 (2011) Efektivitas Penggunaan CD Interaktif dalam Pembelajaran Jurnal Penyesuaian untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan CD Interaktif dalam Pembelajaran Jurnal Penyesuaian untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal.]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan CD Interaktif dalam Pembelajaran Jurnal Penyesuaian untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran oleh guru yang cenderung sama dalam kurun waktu yang lama akan membuat siswa merasa bosan, sehingga dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa yang rendah. Untuk itu, dibutuhkan suatu alternatif media pembelajaran yang dapat membantu mengurangi rasa kebosanan siswa, salah satunya dengan media pembelajaran CD interaktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media pembelajaran CD interaktif mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan dagang mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Sukorejo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS (1, 2, dan 3) SMA negeri 1 Sukorejo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, didapat kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji independent sample T Test. Berdasarkan uji tahap akhir, diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Dengan pengujian independent sample T Test dapat disimpulkan jika nilai t hitung positif, berarti rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari hasil analisis diperoleh sig.= 0.00 lebih kecil dibandingkan 0,05 maka H0 ditolak yang artinya ada perbedaan ratarata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 89,29 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 78,62. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran CD interaktif mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan ditunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar akuntansi pada pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan dagang antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media pembelajaran CD interaktif dan yang tanpa menggunakan media CD interaktif. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media CD interaktif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran tanpa media CD interaktif. Oleh karena itu, guru disarankan menerapkan media pembelajaran CD interaktif pada pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan dagang, serta menerapkan media ini pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Interaktif, Prestasi Belajar, dan Jurnal Penyesuaian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2011 05:51
Last Modified: 25 Apr 2015 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item