Pengaruh Permainan Tradisional Komboyan Terhadap Peningkatan Kerjasama Anak TK di RA Al Ikhlas Pende


Rina Amalia , 1550404067 (2011) Pengaruh Permainan Tradisional Komboyan Terhadap Peningkatan Kerjasama Anak TK di RA Al Ikhlas Pende. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Tradisional Komboyan Terhadap Peningkatan Kerjasama Anak TK di RA Al Ikhlas Pende]
Preview
PDF (Pengaruh Permainan Tradisional Komboyan Terhadap Peningkatan Kerjasama Anak TK di RA Al Ikhlas Pende) - Submitted Version
Download (914kB) | Preview

Abstract

komboyan dalam meningkatkan kerjasama anak TK. Subjek penelitian adalah 32 siswa/siswi RA Al Ikhlas yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa total sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yaitu eksperimen kuasi (quasi eksperimental) dengan desain eksperimen ulang (Nonrandom pretest-posttest control group design). Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah anggota masing-masing kelompok enam belas subjek. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cheklist kerjasama dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,955 dan dari 65 aitem didapatkan 48 aitem yang valid. Analisis data menggunakan teknik uji non parametrik Wilcoxon Mann-Withney Test. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kerjasama yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan permainan tradisional komboyan sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan tingkat kerjasama. Deskripsi kerjasama yang sangat meningkat hingga 100% yaitu pada indikator terbuka untuk saling memberi dan menerima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penulis memberikan saran bagi guru TK untuk senantiasa mengembangkan kemampuan kerjasama anak agar anak menjadi pribadi yang sosial dan bukan pribadi individual dengan menggunakan permainan tradisional, Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat menggunakan metode eksperimen murni dan memakai sampel menyeluruh dalam proses pengambilan data awal dan lebih memperketat variabel kontrol agar hasil yang didapat benar-benar merupakan efek dari perlakuan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Permainan Tradisional
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2011 05:45
Last Modified: 25 Apr 2015 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7014

Actions (login required)

View Item View Item