(ABSTRAK) IMPLEMENTASI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DENGAN MENULIS TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 05 TAMBAKAJI KOTA SEMARANG
BINTA RISQIA ESTAFASARI , 1402407024 (2011) (ABSTRAK) IMPLEMENTASI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DENGAN MENULIS TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 05 TAMBAKAJI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) IMPLEMENTASI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DENGAN MENULIS TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 05 TAMBAKAJI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan mengarang deskripsi siswa kelas V SDN 05 Tambakaji Kota Semarang, ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 62,88. Menulis karangan deskripsi merupakan sebuah tugas yang dianggap sulit karena siswa mengalami kesulitan dalam memilih dan merangkai kata, perbendaharaan kata yang dimiliki siswa masih terbatas sehingga siswa kurang mampu mengungkapkan ide. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui penerapan pendekatan whole language dengan menulis terbimbing aktivitas siswa, aktivitas guru, keterampilan mengarang deskripsi siswa kelas V dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta meningkatkan keterampilan mengarang deskripsi. Manfaat penelitian ini yaitu dapat memberikan konstribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis bagi siswa, guru, dan sekolah. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan keterampilan mengarang deskripsi. Rata-rata hasil belajar me-ningkat dari nilai 62,88 (prasiklus) menjadi 71,83 (siklus I) dan 80,17 (siklus II). Rata-rata skor aktivitas siswa meningkat dari 76,7 dengan kriteria baik (siklus I) menjadi 85,5 dengan kriteria sangat baik (siklus II). Untuk jumlah skor aktivitas guru meningkat dari 32 dengan kriteria sangat baik menjadi 35 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini memberikan saran yaitu sebaiknya guru menerapkan pendekatan pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan dan merangsang keaktifan siswa, guru dituntut aktif membimbing dan kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran, dan sebaiknya pendekatan whole languange dengan menulis terbimbing dapat diterapkan pada pembelajaran menulis untuk merangsang siswa dalam menuangkan ide atau gagasan dengan lebih mudah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Mengarang Deskripsi, Pendekatan Whole Language,Menulis Terbimbing |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 Nov 2011 02:28 |
Last Modified: | 10 Nov 2011 02:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7011 |
Actions (login required)
View Item |