SURVEI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP SE-KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010/ 2011


Nurahman Aminudin , 6101406059 (2011) SURVEI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP SE-KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PELAKSANAAN  KURIKULUM  TINGKAT  SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES  DI SMP SE-KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010/ 2011]
Preview
PDF (SURVEI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP SE-KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010/ 2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Karena kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan. Dengan penerapan KTSP pada mata pelajaran penjasorkes di harapkan dapat menepis persepsi tentang pelajaran penjasorkes yang dipandang sebelah mata. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Pelaksanaan KTSP dalam pembelajaran penjasorkes di SMP Se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun 2010/2011? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam pembelajaran Penjasorkes di SMP Se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah SMP se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan yaitu kepala sekolah, guru penjasorkes, siswa. Pengambilan sempel siswa digunakan dengan teknik random sampling yaitu (mengambil 10 siswa dari masing-masing SMP se-Kecamatan Gubug) sedangkan untuk guru penjasorkes dan kepala sekolah Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Dari 7 SMP se-kecamatan Gubug di dapat jumlah sempel 89 responden/orang, Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum tinggkat satuan Pendidikan di SMP se-Kecamatan Gubug dalam kategori tinggi. Tebukti dari 46,1% menyatakan bahwa pelaksanaannya dalam kategori sangat baik dan 53,9% dalam kategori baik.Tingginya pelaksanaan KTSP ini karena adanya dukungan respon positif dari Guru penjas, kesiapan kurikulum sekolah, sosialisasi terhadap siswa, hubungan sekolah dengan masyarakat. Dari hasil penelitian dimana pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pembelajaran penjasorkes di SMP Se-Kecamatan Gubug dalam kategori baik, maka penulis dapat mengajukan saran antara lain : UPTD tingkat kecamatan, kepala sekolah, guru penjasorkes biasa mempertahankan dan terus meningkatkan serta mengevaluasi agar tetap konsisten dengan apa yang sudah dicapai sekarang dan yang akan datang, agar proses pembelajaran bisa lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum, penjasorkes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2011 01:52
Last Modified: 25 Apr 2015 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item View Item