(ABSTRAK) PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SISTEM PERNAFASAN DI SMA 4 SEMARANG


Khairi Nurokhim, 4401404061 (2011) (ABSTRAK) PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SISTEM PERNAFASAN DI SMA 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING  SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN  SISTEM PERNAFASAN DI SMA 4 SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SISTEM PERNAFASAN DI SMA 4 SEMARANG) - Published Version
Download (69kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan pemanfaatan ITC terbukti secara efektif meningkatkan hasil belajar berupa kemampuan siswa dalam Higher-order thinking skills. Meskipun banyak kelebihan dari e-learning, kenyataan belum banyak sekolah-sekolah menengah yang mengembangkan dan memanfaatkannya. Penelitian ini difokuskan untuk mengatasi kesulitan dalam pengembangan konten e-learning di SMA 4 Semarang sebagai upaya optimalisasi pembelajaran sistem pernafasan. Materi tersebut dipilih karena pokok bahasan cukup sederhana untuk dijadikan pilot project pengembangan konten e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat optimalisasi konten e-learning pada pembelajaran sistem pernafasan di SMA Negeri 4 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development (R & D) dengan variabel penelitian berupa hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kesan dan pesan siswa terhadap disain konten e-learning. Adapun sampel dari penelitian dipilih secara purposisve sampling yaitu Kelas XI ITC SMA 4 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disain konten e-learning pada pembelajaran sistem pernafasan yang dikembangkan di SMA 4 Semarang belum optimal pada kelas uji coba yang ditunjukan dengan hasil belajar siswa hanya separuh dari keseluruhan siswa yang mencapai nilai KKM. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh keterbatasan sistem, keterbatasan pengembang, rendahnya motivasi siswa dan waktu penelitian yang kurang tepat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya pengembagan konten e-learning dalam penelitian ini belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pernafasan. Sehingga pengembangan konten ¬e-learning pada materi tersebut belum bisa di implementasikan dan didesiminasikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Konten e-learning, Pembelajaran e-learning, Optimalisasi Pembelajaran, Sistem Pernafasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2011 06:06
Last Modified: 08 Nov 2011 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item