(ABSTRAK) PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN ALAT PERAGA MANIPULATIF BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI SISWA KELAS 5 SD PADA SUB BAHASAN GEOMETRI BANGUN RUANG


Imam Fattahillah , 4101406076 (2010) (ABSTRAK) PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN ALAT PERAGA MANIPULATIF BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI SISWA KELAS 5 SD PADA SUB BAHASAN GEOMETRI BANGUN RUANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN ALAT PERAGA MANIPULATIF BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI SISWA KELAS 5 SD PADA SUB BAHASAN GEOMETRI BANGUN RUANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN ALAT PERAGA MANIPULATIF BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI SISWA KELAS 5 SD PADA SUB BAHASAN GEOMETRI BANGUN RUANG) - Published Version
Download (71kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan atau ilmu yang dibentuk melalui berfikir tentang suatu obyek atau kejadian tertentu. Pengetahuan ini diperoleh dari abstraksi berdasarkan koordinasi, relasi, penggunaan obyek. Oleh karena itu, pengetahuan matematika pada siswa dapat berkembang apabila siswa bertindak terhadap obyek itu. "I hear and I forget. I see and I remember. I do and I understand" (Lao Tse, Chinese Philosopher, 6th Century B.C). Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang standar isi, pada salah satu poinnya menyebutkan bahwa dalam pelaksanan proses pembelajaran harus memuat kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif berbasis student centered learning untuk mengembangkan kemampuan eksplorasi siswa kelas 5 SD. Permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut (1) bagaimanakah kualitas proses pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif berbasis student centered learning? (2) bagaimanakah ketercapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif berbasis student centered learning? (3) Bagaimakah tanggapan guru dan siswa mengenai pembelajaran matematika dengan pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif berbasis student centered learning? Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen sebagai bagian dalam payung Research and Development yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) kualitas proses pembelajaran dalam kategori baik yang ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,11 dalam skala maksimal 4; rata-rata aktivitas guru 3,24; (2) Secara individual indikator ketuntasan yang ditetapkan belum tercapai, yakni rata-rata nilai tes hasil belajar hanya mencapai 43,33, namun ketuntasan belajar klasikal sudah tercapai dengan nilai ketuntasan 58,33%; hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan terdapat kenaikan kemampuan eksplorasi dari rata-rata nilai awal 34,00 menjadi 43,33 pada tes hasil belajar; rata-rata motivasi belajar siswa 75%; (3) guru memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran yang berlangsung ditunjukkan dengan rata-rata skor kesan guru sebesar 85%, rata-rata respon siswa atas proses pembelajaran sebesar 91,67% merasa senang dan antusias.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Alat Peraga Manipulatif, Student Centered Learning, Kemampuan Eksplorasi, Geometri Bangun Ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2011 04:36
Last Modified: 08 Nov 2011 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6959

Actions (login required)

View Item View Item