(ABSTRAK)ANALISIS SEMIOTIK: CITRA ESTETIS DESAIN KEMASAN ROKOK DJARUM BLACK PRODUKSI PT. DJARUM KUDUS KAB.SEMARANG


Oktafianita , 2450406013 (2011) (ABSTRAK)ANALISIS SEMIOTIK: CITRA ESTETIS DESAIN KEMASAN ROKOK DJARUM BLACK PRODUKSI PT. DJARUM KUDUS KAB.SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK)ANALISIS SEMIOTIK: CITRA ESTETIS DESAIN KEMASAN ROKOK DJARUM BLACK PRODUKSI PT. DJARUM KUDUS KAB.SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK)ANALISIS SEMIOTIK: CITRA ESTETIS DESAIN KEMASAN ROKOK DJARUM BLACK PRODUKSI PT. DJARUM KUDUS KAB.SEMARANG) - Published Version
Download (154kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana elemen estetis desain kemasan rokok Djarum Black, citra estetis dari desain kemasan rokok Djarum Black, dan faktor yang mempengaruhi citra estetis desain kemasan rokok Djarum Black. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur estetis desain kemasan rokok Djarum Black, menganalisis citra estetis desain kemasan rokok Djarum Black, serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi citra estetis desain kemasan rokok Djarum Black. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekata semiotika dengan lokasi penelitian di perusahaan PT. Djarum Kudus. Sasaran penelitiannya adalah citra estetis desain kemasan rokok Djarum Black produksi PT. Djarum. Sumber informan adalah: pegawai Djarum bagian Public Affair, dosen Seni Rupa Unnes dan mahasiswa Seni Rupa Unnes. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) kemasan rokok Djarum Black sudah memiliki desain yang sangat cukup eye-cathing. (2) citra estetis visual kemasan rokok Djarum Black memberikan kesan elegan, simple, kuat, dan mewah (3) Faktor yang mempengaruhi adalah faktor pengamanan, faktor ekonomi, faktor ergonomi, faktor komunikasi, faktor estetika, dan faktor identitas. Saran yang dapat diberikan yaitu: (1) bagi perusahaan PT. Djarum, perusahaan mengembangkan desain kemasan dari yang lebih dapat memenuhi selera konsumen secara lebih luas.. (2) bagi mahasiswa, perlu melakukan penelitian yang lebih luas dan mendalam dari aspek-aspek lain, misalnya aspek ekonomi, dan aspek makna atau filosofinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra, Estetis, Kemasan Rokok Djarum Black
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2011 03:12
Last Modified: 25 Apr 2015 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6951

Actions (login required)

View Item View Item