(ABSTRAK)Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMP Negeri 3 Ungaran.


Dewi Rafika Sari , 4101407056 (2011) (ABSTRAK)Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMP Negeri 3 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK)Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMP Negeri 3 Ungaran]
Preview
PDF ((ABSTRAK)Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMP Negeri 3 Ungaran) - Published Version
Download (9kB) | Preview

Abstract

PBL, kemampuan pemecahan masalah. Model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point memudahkan peserta didik dalam menemukan dan memahami konsep serta memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi persegi panjang dan persegi. Model PBL juga efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan rasa percaya diri atas kemampuannya sendiri. Oleh karena itu, diharapkan adanya pengaruh antara kepercayaan diri dan aktivitas belajar dalam penerapan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kepercayaan diri dan aktivitas belajar dalam pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik (2) persentase pengaruh kepercayaan diri dan aktivitas belajar matematika dalam pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran sebanyak 168 peserta didik, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII I sebanyak 34 peserta didik. Pembelajaran matematika pada kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point. Pada perhitungan koefisien korelasi ganda diperoleh melalui regresi . Jadi, terdapat pengaruh positif antara kepercayaan diri dan aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah, sedangkan pada perhitungan koefisien determinasi diperoleh melalui regresi . Jadi, presentase variansi kepercayaan diri dan aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar . Saran yang diberikan yaitu hendaknya guru matematika SMP Negeri 3 Ungaran dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan aktivitas belajar peserta didik seperti model PBL agar pencapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik dapat semakin optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2011 02:39
Last Modified: 25 Apr 2015 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item