(ABSTRAK)Penerapan Makromedia Flash Dipadu dengan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Pewarisan Sifat di SMP N 1 Poncowarno Kebumen


Mursida Marbun , 4401406077 (2011) (ABSTRAK)Penerapan Makromedia Flash Dipadu dengan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Pewarisan Sifat di SMP N 1 Poncowarno Kebumen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK)Penerapan Makromedia Flash Dipadu dengan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Pewarisan Sifat di SMP N 1 Poncowarno Kebumen]
Preview
PDF ((ABSTRAK)Penerapan Makromedia Flash Dipadu dengan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Pewarisan Sifat di SMP N 1 Poncowarno Kebumen) - Published Version
Download (140kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Biologi tidak cukup hanya disampaikan dengan membuat modifikasi model pembelajaran namun sangat penting adanya media yang dapat memvisualisasikan objek pembelajaran, agar peserta didik lebih mudah dalam memahami konsep-konsep biologi. Pada pembelajaran materi pewarisan sifat peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Diperlukan suatu media dan model pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman, serta menarik perhatian dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan makromedia flash dipadu dengan pembelajaran numbered heads together pada materi pewarisan sifat dalam mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Poncowarno Kebumen semester ganjil Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX sebanyak 7 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas IX-A dan kelas IX-E. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Desain Randomized control group only. variabel bebas penelitian ini adalah penerapan makromedia Flash dipadu dengan pembelajaran Numbered Heads Together dan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi Pewarisan sifat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 78 sedangkan pada kelas kontrol 66, dengan ketuntasan klasikal 94% pada kelas eksperimen dan 50% pada kelas kontrol. Aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa > 85% peserta didik aktif baik dalam kegiatan pembelajaran maupun diskusi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa makromedia flash dipadu dengan pembelajaran numbered heads together dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas IX pada materi pewarisan sifat di SMP Negeri 1 Poncowarno Kebumen

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Makromedia flash, pembelajaran numbered heads together (NHT), materi pewarisan sifat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2011 01:57
Last Modified: 25 Apr 2015 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item