(ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENANGANI PENGGANDAAN DOKUMEN PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA KABUPATEN SEMARANG


Idah Yuniasih , 7101406121 (2010) (ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENANGANI PENGGANDAAN DOKUMEN PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENANGANI PENGGANDAAN DOKUMEN PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENANGANI PENGGANDAAN DOKUMEN PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Kompetensi guru dan fasilitas belajar merupakan faktor yang berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar menangani penggandaan dokumen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1). Adakah pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar menangani penggandaan dokumen pada siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Kabupaten Semarang, 2). Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar menangani penggandaan dokumen pada siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Kabupaten Semarang, 3). Adakah pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar menangani penggandaan dokumen pada siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Kabupaten Semarang, 4) Bagaimana gambaran kompetensi guru dan fasilitas belajar di SMK Swasta Kabupaten Semarang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Kabupaten Semarang tahun 2009/2010 berjumlah 128 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kompetensi guru dan fasilitas belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar MPD sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi guru memperoleh skor total 10622 dengan kriteria baik dan fasilitas belajar memperoleh skor total 5602 dengan kriteria baik pula. Ada pengaruh positif antara kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, hal ini ditunjukkan dari persamaan regresi Y = 27,273 + 0,232X1 + 0,255X2 dengan Fhitung= 19,027 dan besarnya pengaruh sebesar 22,10% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Simpulannya bahwa variabel kompetensi guru dan fasilitas belajar secara parsial dan bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar menangani penggandaan dokumen pada siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Kabupaten Semarang, variabel kompetensi guru mempunyai pengaruh yang lebih kecil dibandingkan dengan variabel fasilitas belajar. Saran yang diberikan penulis diantaranya guru MPD untuk selalu meningkatkan kompetensi profesionalnya serta memberikan tambahan jam untuk praktik, untuk sekolah untuk menambah jumlah mesin pengganda dan merawat mesin pengganda yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar MPD
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2011 05:25
Last Modified: 03 Nov 2011 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item