Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus.


Felintina Yuniarti , 4401407046 (2011) Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus.]
Preview
PDF (Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan laboratorium dalam pembelajaran sains sangat penting. Kenyataan yang terjadi saat ini, laboratorium sering tidak digunakan dalam pembelajaran karena keterbatasan alat dan bahan serta resiko terjadinya kecelakaan di laboratorium. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer CD pembelajaran virtual laboratory. Materi yang digunakan dalam virtual laboratory adalah materi virus dan disertai praktikum secara virtual. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media virtual laboratory yang dikembangkan sebagai media pembelajaran berbasis komputer pada materi pembiakan virus. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D). Prosedur penelitian meliputi: (1) identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) data untuk pengembangan, (4) desain produk (draft 1), (5) validasi desain, (6) revisi desain, (7) draft II, (8) uji coba skala terbatas, (9) revisi produk 1, (10) draft III, (11) uji coba skala luas, (12) revisi produk 2, dan (13) produk akhir. Uji coba produk dilakukan di SMAN 1 Wonogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian pakar materi sebesar 2,75 (kriteria sangat baik) dan rata-rata penilaian pakar media sebesar 2,33 (kriteria baik). Tingkat keberterimaan virtual laboratory oleh siswa mencapai kriteria mendukung dan sangat mendukung sebesar 96% (uji coba skala terbatas) dan 98,5% (uji coba skala luas). Rata-rata skor tiap butir tanggapan siswa maupun guru mencapai kriteria sangat mendukung. Hasil evaluasi siswa dengan menggunakan virtual laboratory menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 88,24%. Berdasarkan validasi pakar, tanggapan guru dan siswa serta hasil evaluasi siswa, maka virtual laboratory layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis komputer pada materi pembiakan virus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Virtual laboratory, media pembelajaran, pembiakan virus
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2011 05:39
Last Modified: 25 Apr 2015 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6881

Actions (login required)

View Item View Item