Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang


Galuh Atika Ratna , 2101407027 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan ditemukan kemampuan menulis paragraf argumentasi yang masih rendah. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis paragraf argumentasi kebanyakan masih di bawah 65, hanya 9 siswa yang mendapat nilai di atas 70. Padahal standar ketuntasan minimal untuk kompetensi dasar tersebut adalah 70. Dengan demikian kelas X5 masih belum mencapai nilai batas minimum yang ditentukan. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalah tersebut. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi melalui model pembelajaran inkuiri jurisprudensial. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X5 SMA Negeri I Subah setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial, 2) bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas X5 SMA Negeri I Subah setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial, 3) bagaimanakah minat siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Subah terhadap pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Subah yang berjumlah 36 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian adalah keterampilan menulis paragraf argumentasi melalui model pembelajaran inkuiri jurisprudensial. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes dalam bentuk observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X5 SMA Negeri I Subah. Persentase ketuntasan siswa dalam menulis paragraf argumentasi pada prasiklus mencapai 31% dan masih kurang dari standar ketuntasan yang ditetapkan, yaitu sebesar 85%. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 83%. Hal ini juga masih kurang dari batas ketuntasan yang ditentukan. Pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 92% dan sudah memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu, perilaku dan minat siswa pun meningkat menjadi lebih baik. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis paragraf argumentasi dan mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti memberikan saran sebagai berikut: 1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan model inkuri jurisprudensial dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf argumentasi, 2) bagi siswa, sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis paragraf argumentasi, dan 3) bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan model yang lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: paragraf argumentasi, model inkuiri jurisprudensial.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 09:16
Last Modified: 25 Apr 2015 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item