Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Bantuan Media Gambar Puzzle Pada Pokok Bahasan Gaya Untuk Siswa SD Kelas V


NUKY HIKMAWATI , 4201406576 (2011) Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Bantuan Media Gambar Puzzle Pada Pokok Bahasan Gaya Untuk Siswa SD Kelas V. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Bantuan Media Gambar Puzzle Pada Pokok Bahasan Gaya Untuk Siswa SD Kelas V]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Bantuan Media Gambar Puzzle Pada Pokok Bahasan Gaya Untuk Siswa SD Kelas V) - Published Version
Download (23MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi di SD Negeri 04 Kendal Doyong, diketahui bahwa selama ini pembelajaran sains masih berfokus pada guru. Sains memerlukan model pembelajaran yang melibatakan siswa secara aktif dalam belajar. Penelitian ini menerapkan model kooperatif STAD dengan media gambar Puzzle. Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains pokok bahasan gaya siswa SD kelas V, mengetahui hubungan antara kesiapan siswa dan penguasaan konsep serta untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuasi Experimental Design dengan dasain Postest only design. Sampel penelitian diambil dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan dan kelas VB sebagai kelas experimen menggunakan penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan bantuan media gambar Puzzle. Data hasil belajar yang berupa aspek kognitif diperoleh dari tes akhir pembelajaran sedangkan data aktivitas belajar yang mencakup aktivitas fisik dan sikap didapat selama pembelajaran berlangsung.Dari analisis data aktivitas dan hasil belajar data siswa keduanya mengalami peningkatan. Dimana hasil belajar kelas ekspeimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari uji t. Pada kelas experimen

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Pendekatan Model Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 07:19
Last Modified: 25 Apr 2015 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6853

Actions (login required)

View Item View Item