Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan CD Pembelajaran Dan Alat Peraga pada Pencapaian Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII Semester 2 Tahun 2010/ 2011


Winda Eka Ningrum , 4101406083 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan CD Pembelajaran Dan Alat Peraga pada Pencapaian Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII Semester 2 Tahun 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan CD Pembelajaran Dan Alat Peraga pada Pencapaian Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII Semester 2 Tahun 2010/ 2011]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan CD Pembelajaran Dan Alat Peraga pada Pencapaian Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII Semester 2 Tahun 2010/ 2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan CD pembelajaran dan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga efektif, (2) apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan CD pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 13 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster sampling dan terpilih siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen I, kelas VIIID sebagai kelas eksperimen II dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 78,95, kelas eksperimen II sebesar 71,81 dan kelas kontrol sebesar 70,38. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji t dan uji proporsi diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol telah mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun klasikal. Dilihat dari ratarata, kelas eksperimen I memiliki rata-rata hasil belajar tertinggi di antara lainnya. Simpulan yang diperoleh adalah (1) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan CD pembelajaran dan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga efektif, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan CD pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga. Saran penelitian ini adalah guru dalam menerapkan model kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis penemuan terbimbing berbantuan CD pembelajaran dan alat peraga perlu memperhatikan waktu, keterlibatan guru, pembentukan kelompok dan keaktifan serta keterampilan siswa dalam bekerjasama

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Think-Pair-Share, PenemuanTerbimbing, CD Pembelajaran, Alat Peraga, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 07:11
Last Modified: 25 Apr 2015 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item