Materi Menyimak dalam Buku Teks SMP yang Digunakan di Kabupaten Rembang


Ida Puspaningsih, 2102407076 (2011) Materi Menyimak dalam Buku Teks SMP yang Digunakan di Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Materi Menyimak dalam Buku Teks SMP yang Digunakan di Kabupaten Rembang]
Preview
PDF (Materi Menyimak dalam Buku Teks SMP yang Digunakan di Kabupaten Rembang) - Published Version
Download (811kB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan buku utama bagi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku teks sebagai bahan pengajaran yang paling dominan dan sering digunakan sebagai sumber memperoleh ilmu pada sistem pendidikan formal di sekolah. Jenis-jenis menyimak antara lain yaitu berdasarkan sumber suara yang disimak, berdasarkan taraf aktivitas menyimak, berdasarkan taraf hasil simakan, berdasarkan cara penyimakan, berdasarkan tujuan menyimak, dan berdasarkan tujuan khusus. Kesesuaian uraian materi dengan SK dan KD juga perlu diperhatikan agar guru bisa memilih materi yang benar-benar berkualitas. Penelitian mengenai buku teks ini difokuskan pada jenis-jenis menyimak serta kesesuaian uraian materi menyimak dengan SK dan KD dalam buku teks yang digunakan di SMP 1 Rembang terbitan Erlangga dan SMP 2 Rembang terbitan Intan Pariwara. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah jenis-jenis menyimak apa saja yang terdapat dalam buku teks bahasa Jawa yang digunakan di Kabupaten Rembang serta bagaimana kesesuaian uraian materi menyimak dengan SK dan KD dalam buku teks bahasa Jawa yang digunakan di Kabupaten Rembang. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis menyimak serta kesesuaian uraian materi menyimak dengan SK dan KD yang terdapat dalam buku teks bahasa Jawa SMP yang digunakan di Kabupaten Rembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku teks bahasa Jawa SMP kelas VII terbitan Erlangga dan Intan Pariwara. Pengumpulan dilakukan dengan teknik dokumentasi dan pilah. Analisis data menggunakan analisis isi. Penyajian data menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada buku teks terbitan Erlangga, berdasarkan cara penyimakan persentasenya sebesar 87,5%. Wulangan 1, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 masuk dalam jenis menyimak ekstensif. Berdasarkan tujuan menyimak persentasenya sebesar 62,5%. Menyimak informatif terdapat pada wulangan 1, 3, 4, 5, 6. 7, dan 8. Menyimak kritis terdapat pada wulangan 2, 7 dan 8. Pada buku teks terbitan Intan Pariwara, berdasarkan cara penyimakan persentasenya sebesar 100%, wulangan 1 sampai dengan 8 merupakan jenis menyimak ekstensif. Berdasarkan tujuan menyimak persentasenya sebesar 68,75%. Wulangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 8 masuk dalam jenis menyimak informatif, wulangan 5, 6, 7, dan 8 masuk dalam jenis menyimak kritis. Kesesuaian uraian materi menyimak dengan SK dan KD dalam buku teks terbitan Erlangga yaitu sebanyak 73,34% dan pada buku teks terbitan Intan pariwara sebanyak 63,32%. Berdasarkan analisis tersebut, saran yang dapat diberikan sebagai berikut. (1) Kepada penulis buku teks harusnya lebih teliti dalam menyusun materi yang akan disajikan. Materi menyimak membutuhkan media tambahan berupa rekaman atau media audio yang bisa didengarkan oleh siswa serta memperhatikan kesesuaian uraian materi menyimak dengan SK dan KD dalam buku teks yang akan diterbitkan, (2) Dalam penyusunan buku teks sebaiknya variasi jenis-jenis menyimak lebih diperbanyak agar siswa memahami dengan jelas jenis-jenis dan perbedaan yang ada dalam setiap materi yang disimaknya, (3) Penelitian ini hendaknya dapat ditindak lanjuti pada aspek lainnya sehingga dapat melengkapi penelitian tentang buku teks.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, aspek materi, jenis, kesesuaian.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 04:12
Last Modified: 25 Apr 2015 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6848

Actions (login required)

View Item View Item