Pembelajaran Bencana Alam dengan Model PPT Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berorientasi pada Kepedulian Lingkungan.


Yulia Dwisetyaningrum, 4201407002 (2011) Pembelajaran Bencana Alam dengan Model PPT Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berorientasi pada Kepedulian Lingkungan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Bencana Alam dengan Model PPT Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berorientasi pada Kepedulian Lingkungan.]
Preview
PDF (Pembelajaran Bencana Alam dengan Model PPT Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berorientasi pada Kepedulian Lingkungan.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktifitas manusia yang merusak lingkungan dan semakin meningkatnya bencana alam di dunia memberikan sebuah stimulus bagi generasi penerus untuk memikirkan nasib bumi ke depan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model Puzzle to Picture Tournament (PPT) bervisi SETS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang berorientasi pada kepedulian lingkungan dibandingkan dengan model Teams Games Tournament (TGT) bervisi SETS. Kemampuan berpikir kritis meliputi kemampuan kemampuan identifikasi elemen dan asumsi, menghubungkan antar variabel, membuat keputusan, mengevaluasi, menarik kesimpulan, dan mengemukakan pendapat. Penelitian melibatkan siswa kelas V SD Negeri Losari Kabupaten Temanggung. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian eksperimen ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, evaluasi, dan pada akhir kegiatan dilakukan gerakan menanam pohon untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak. Analisis menggunakan uji t menunjukkan hasil terdapat perbedaan untuk aspek kognitif dan sikap sedangkan untuk aspek aktifitas tidak terdapat perbedaan antara siswa yang diajar dengan model PPT bervisi SETS dan TGT berivisi SETS. Analisis data dengan uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas A (0,13) dan kelas B (0,34) yaitu sebesar 0,21. Namun, rata – rata kedua kelas hasil uji kemampuan berpikir kritis belum mencapai KKM siswa yaitu sebesar 65 tetapi untuk hasil belajar siswa berada jauh di atas KKM. Hal ini disebabkan oleh karena siswa tidak terbiasa untuk menggunakan kemampuan berpikir kritis sehingga kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis masalah siswa masih rendah. Kelas A mendapatkan hasil yang lebih baik dengan rata – rata 85,10 dan kelas B sebesar 77,73 melalui angket sedangkan melalui lembar observasi kelas B lebih baik dibandingkan kelas A yaitu 66,30 dan kelas A mendapatkan 68,75. Hal ini karena uji homogenitas saat sebelum penelitian hanya mengukur aspek kognitif tidak menyentuh aspek afektif. Selain itu, penanaman karakter pada anak tidak dapat diamati dan dirasakan hasilnya secara instan harus melalui proses yang panjang dan bertahap. Kesimpulan yang didapatkan adalah model pembelajaran PPT bervisi SETS dalam pembelajaran bencana alam lebih baik daripada model TGT bervisi SETS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang berorientasi pada kepedulian lingkungan dalam segi kognitif, namun tidak lebih baik untuk aktifitas dan sikap siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: puzzle to picture tournament, SETS, berpikir kritis, bencana alam
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 03:00
Last Modified: 25 Apr 2015 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item