Pelatihan Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada SDN 5 Bangsri Jepara)


Diana Tri Widyastuti , 1550407037 (2011) Pelatihan Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada SDN 5 Bangsri Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelatihan Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada SDN 5 Bangsri Jepara)]
Preview
PDF (Pelatihan Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada SDN 5 Bangsri Jepara)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelatihan dasar adalah sebuah nama pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan sosial. Pelatihan ini diambil dari kurikulum yang terdapat pada Boys Town publication : Teaching Sosial Skills To Youth : A Curriculum For Child-Care Providers. Materi yang diberikan dalam pelatihan dasar ini adalah mengikuti petunjuk, menerima jawaban tidak, terlibat dalam percakapan, memberikan salam, menerima kritikan orang lain, mengutarakan pernyataan tidak setuju, menunjukkan rasa hormat atau perhatian, dan menunjukkan kepekaan kepada orang lain yang penyampaiannya dilakukan dengan permainan agar dapat diterima dengan baik dan menyenangkan oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 5 Bangsri Jepara. Teknik pengambilan sampel dengan simple random, sebelumnya sampel sipilih dengan menyebarkan angket sosiometri. Yang kemudian dipilih 20 orang untuk menjadi sampel penelitian yang dibagi secara acak dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa pelatihan dasar yang diberikan dalam 8 kali pertemuan, masingmasing pertemuan membutuhkan waktu 60 menit. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala keterampilan sosial yang sebelumnya telah dikembangkan oleh Desvi Yanti Mukhtar yang terdiri dari tiga aspek, yaitu keterampilan intrapersonal, keterampilan interpersonal, dan keterampilan yang berhubungan dengan akademis. Uji validitas menggunakan teknik product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil penelitian dihitung dengan komputer program SPSS versi 17,0 menggunakan teknik uji Mann-Whitney. Didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,003 yang ternyata kurang dari nilai α = 0,05. Hal ini berarti pelatihan dasar yang telah dilakukan efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa Sekolah Dasar, dengan demikian hipotesis yang menyatakan pelatihan dasar efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar terbukti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelatihan dasar, keterampilan sosial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 02:45
Last Modified: 25 Apr 2015 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6845

Actions (login required)

View Item View Item