Modul Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)


Lutfia Mursalina , 5301407010 (2011) Modul Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Modul Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)]
Preview
PDF (Modul Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang mempengaruhi pembelajaran dasar-dasar teknik elektronika pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK adalah masih awamnya mata pelajaran produktif bagi sebagian masyarakat, sehingga belum ada buku-buku teks yang khusus diterbitkan untuk pegangan siswa dalam belajar. Buku-buku pelajaran yang ada di pasaran cenderung terlalu umum muatan materinya dan kurang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di SMK tersebut. Sehingga kurang tepat apabila digunakan siswa untuk pedoman belajar. Salah satu pemilihan media pembelajaran sebagai alternatif sumber belajar adalah modul pembelajaran. Modul adalah suatu paket pengajaran yang dapat dipelajari oleh murid dengan bantuan dari guru atau di pelajari secara mandiri. Penggunakan modul pembelajaran diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajarnya, sehingga dapat meningkatkan kompetensi siswa terhadap materi pelajaran dan mengoptimalkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan modul pembelajaran sebagai pendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan RSBI. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuesioner/angket yaitu untuk mengetahui apakah modul layak digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar elektronika di SMK RSBI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Data yang diambil berupa kelayakan modul yaitu penilaian oleh 2 orang guru dan 36 siswa dari SMKN 1 Semarang dan 2 orang guru dan 32 siswa dari SMKN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kemudian data dianalisis secara deskriptif prosentase. Hasil analisis statistik deskriptif prosentase menunjukkan bahwa modul dinyatakan layak digunakan sebagai media/bahan ajar penunjang proses pembelajaran dengan tingkat prosentase yang dilakukan kepada 4 guru yang menunjukkan hasil untuk kriteria pendidikan berdasarkan karakteristik modul menurut Rosyid (2010) adalah 82,30% termasuk dalam kategori sangat baik, untuk kriteria tampilan modul menyatakan sangat baik dengan prosentase 82,27%. Sedangkan hasil uji coba kepada 68 siswa menyatakan baik dengan prosentase 79,15%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dasar-dasar teknik elektronika berdasarkan karakteristik modul menurut Rosyid (2010) layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran. Saran, adapun keterbatasan yang ada dalam modul dasar-dasar teknik elektronika ini sebaiknya diperbaiki pada penelitian selanjutnya dengan model yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Dasar-dasar Teknik Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6838

Actions (login required)

View Item View Item