Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Randudongkal Tahun Pelajaran 2010/2011
Ulin Kheroni , 7101407119 (2011) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Randudongkal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Randudongkal Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Submitted Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran di SMP Negeri 5 Randudongkal pada umumnya masih didominasi oleh guru, sedangkan pembelajaran diharapkan berorientasi pada siswa, selain itu siswa cenderung pasif. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 6,5. Permasalahan pembelajaran di SMP Negeri 5 Randudongkal diharapkan dapat diminimalkan dengan menerapkan metode pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI). Pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) menjadi lebih baik, siswa berperan aktif dalam pembelajaran, melatih siswa untuk berpikir kritis dan dapat memecahkan masalah serta hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang sebelumnya keaktifan dan hasil belajar siswa kurang memenuhi KKM yaitu 6,5 menjadi dapat memenuhi KKM atau lebih. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu model penelitian yang dikembangkan di kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelas tindakan penelitian dan kelas VII E sebagai kelas pembanding sebagai bahan perbandingan hasil proses pembelajaran.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi keaktifan siswa pada proses pembelajaran, wawancara, dan ulangan harian. Rancangan pelaksanaan tindakan pada penelitian ini adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan pada keaktifan siswa dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI), ini ditunjukan dengan perolehan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas tindakan di siklus I dengan nilai tertinggi (8,8) siklus II (9,0) lebih besar dari pada kelas pembanding yaitu pada siklus I (7,1) siklus II (8,6). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatakan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kooperatif Group Investigation (GI), Peningkatan Kompetensi, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Nov 2011 02:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6832 |
Actions (login required)
View Item |