Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, dan Return On Assets Terhadap Perubahan Laba (Studi Empiris : Pada Perusahaan Perbankan Yang Listed Di BEJ)”.

Amiratul Azizah , 3352403594 (2007) Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, dan Return On Assets Terhadap Perubahan Laba (Studi Empiris : Pada Perusahaan Perbankan Yang Listed Di BEJ)”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, dan Return On Assets Terhadap Perubahan Laba (Studi Empiris : Pada Perusahaan Perbankan Yang Listed Di BEJ) - Published Version
Download (1183Kb)

    Abstract

    Perubahan laba pada perusahaan perbankan merupakan salah satu kinerja perusahaan yang menjadi pusat perhatian para investor. Para investor dalam menilai perusahaan tidak hanya melihat laba yang dihasilkan dalam satu periode melainkan terus memantau perubahan laba dari tahun ke tahun. Salah satu cara memprediksi perubahan laba adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan diantaranya adalah CAR, LDR, dan ROA. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh CAR, LDR, dan ROA terhadap perubahan laba satu tahun kedepan pada perusahaan perbankan yang listed di BEJ secara parsial maupun simultan. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh CAR, LDR dan ROA terhadap perubahan laba satu tahun kedepan pada perusahaan perbankan yang listed di BEJ secara parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang listed di BEJ periode 2003-2006 yang berjumlah 21 perusahaan. Ada empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: CAR, LDR, ROA, dan Perubahan Laba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan hanya CAR, dan ROA berpengaruh positif terhadap perubahan laba yaitu sebesar 5,24% dan 14,14%. Sedangkan LDR tidak berpengaruh terhadap perubahan laba. Secara simultan menunjukkan CAR, LDR, dan ROA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan laba satu tahun kedepan sebesar 15,9%. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Perubahan laba dari tahun ketahun merupakan cerminan dari kinerja perusahaan, maka dari itu investor dan manajer hendaknya mempertimbangkan informasi yang terkait dengan kinerja keuangan perusahaan terutama CAR dan ROA. CAR dan ROA merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi perubahan laba sehingga efisiensi biaya pada aktivitas operasional bank mampu meningkatkan laba bank pada periode berikutnya. (1) Bagi investor (nasabah) bank lebih memperhatikan efisiensi dari manajemen bank dalam menjalankan aktivitas operasionalnya karena biaya operasi yang rendah dan pendapatan operasi yang tinggi mampu meningkatkan laba pada tahun mendatang. (2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Jadi pengembangan penelitian selanjutnya, agar memasukkan perhitungan unsur kredit bermasalah dan kredit macet dalam pembukuan bank.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: CAR, LDR, ROA dan Perubahan Laba
    Subjects: UNSPECIFIED
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 31 Mar 2011 02:35
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:07

    Actions (login required)

    View Item