Pengaruh Motivasi Intrinsik, Lingkungan Keluarga, dan Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal 2010/2011


Ratna Permata Sari , 7101407130 (2011) Pengaruh Motivasi Intrinsik, Lingkungan Keluarga, dan Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi Intrinsik, Lingkungan Keluarga, dan Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal 2010/2011]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi Intrinsik, Lingkungan Keluarga, dan Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal 2010/2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan sumber daya manusia dapat diketahui dari keberhasilan pendidikan yang telah dilakukan. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan formal yang mempunyai proses belajar terencana, teratur, terawasi dan dipimpin oleh orang yang bertanggung jawab serta memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai, dengan demikian keberhasilan pendidikan khususnya pendidikan formal dapat dilihat dari pencapaian prestasi yang diperoleh. dalam kegiatan belajar mengajar, lingkungan merupakan sumber belajar yang banyak memberikan pengaruh dalam proses belajar mengajar,selain itu dalam diri siswa sebagai peserta didik sangat diperlukan adanya motivasi, karena motivasi tidak hanya menjadi penyebab utama belajar, namun juga memperlancar belajar dan pencapaian hasil belajar yang optimal. prestasi belajar juga dipengaruhi oleh karakteristik siswa. pemahaman perbedaan karakteristik antar peserta didik akan sangat bermanfaat untuk pendidikan, utamanya dalam membantu setiap peserta didik mengembangkan kepribadiannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal? (2) Bagaimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal? (3) Bagaimana pengaruh karakteristik siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal? (4) Bagaimana pengaruh motivasi intrinsik, lingkungan keluarga dan karakteristik individu siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran Memahami Penyelenggaraan Prinsip Perkantoran di SMK Negeri 2 Tegal? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan administrasi perkantoran kelas X SMK N 2 Tegal, berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Motivasi Intrinsik (X1) , Lingkungan Keluarga (X2), dan Karakteristik Siswa (X3), sedangkan variabel terikat (Y) adalah Prestasi Belajar. Metode pengumpulan data dengan metode kuisioner, metode dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase diperoleh motivasi intrinsik dalam kriteria baik, lingkungan keluarga dalam kriteria baik, karakteristik siswa dalam kriteria baik, dan prestasi belajar dalam kriteria tidak baik. Berdasarkan analisis regresi pengaruh motivasi intrinsik, lingkungan keluarga, dan karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X administrasi perkantoran mata pelajaran memahami penyelenggaraan prinsip perkantoran SMK N 2 Tegal secara simultan adalah sebesar 49,9% dan sisanya yaitu sebesar 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara parsial pengaruh motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar siswa kelas X administrasi perkantoran mata pelajaran memahami penyelenggaraan prinsip perkantoran SMK N 2 Tegal 15,7%, pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X administrasi perkantoran mata pelajaran memahami penyelenggaraan prinsip perkantoran SMK N 2 Tegal sebesar 4,7%, dan pengaruh karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X administrasi perkantoran mata pelajaran memahami penyelenggaraan prinsip perkantoran SMK N 2 Tegal sebesar 16,7%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak baik bagi siswa, guru, orang tua murid, dan masyarakat. Bagi guru hendaknya memberikan apresiasi yang baik kepada siswa yang rajin dalam menyelesaikan tugas, misalnya dengan cara memberikan pujian di depan kelas,memberi hadiah berupa alat tulis maupun memberi nilai tersendiri untuk siswa tersebut. Bagi pihak SMK N 2 Tegal agar dapat mengupayakan adanya program beasiswa bagi siswa yang kurang mampu sehingga pendidikannya tidak terganggu. Bagi orang tua di rumah hendaknya membantu memotivasi anaknya dalam mengembangkan karakteristik gemar membaca sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Intrinsik, Lingkungan Keluarga, Karakteristik Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2011 00:48
Last Modified: 25 Apr 2015 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item