Pengaruh Metode Latihan Forehand volley Sasaran Tetap dan Sasaran Berpindah Terhadap Kemampuan Forehand volley Pada Petenis Putra Kelompok Umur 10 - 16 Tahun Klub Tenis Phapros Tahun 2011
RIVAN SAGHITA PRATAMA , 6301407022 (2011) Pengaruh Metode Latihan Forehand volley Sasaran Tetap dan Sasaran Berpindah Terhadap Kemampuan Forehand volley Pada Petenis Putra Kelompok Umur 10 - 16 Tahun Klub Tenis Phapros Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Metode Latihan Forehand volley Sasaran Tetap dan Sasaran Berpindah Terhadap Kemampuan Forehand volley Pada Petenis Putra Kelompok Umur 10 - 16 Tahun Klub Tenis Phapros Tahun 2011.)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada perbedaan latihan forehand volley sasaran tetap dan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley, pada petenis putra kelompok umur 10 – 16 tahun klub tenis Phapros tahun 2011 dan jika ada perbedaan maka manakah yang lebih baik antara latihan forehand volley sasaran tetap dan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan latihan forehand volley sasaran tetap dan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara latihan forehand volley sasaran tetap dan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley. Populasi penelitian ini ialah petenis putra kelompok umur 10-16 tahun klub tenis phapros semarang tahun 2011,yang berjumlah 18 petenis. Sampel penelitian adalah petenis putra kelompok umur 10 – 16 tahun dengan jumlah 14 petenis. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Variabel penelitian ini yaitu latihan forehand volley sasaran tetap dan sasaran berpindah sebagai variabel bebas serta kemampuan forehand volley variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan matched by subject design. Tes untuk mengetahui kemampuan forehand volley menggunakan “Modified Timmers Forehand and Volley Backhand Test”. Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test dengan rumus pendek. Hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,765. Nilai t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (d.b) 6 sebesar 2,447. Karena t-hitung lebih besar t-tabel atau 2,765 > 2,447, maka ada perbedaan antara latihan forehand volley sasaran tetap dan sasaran berpindah terhadap kemampuan forehand volley pada sampel. Uji beda mean kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol atau 27,14 > 22,57, maka dapat disimpulkan bahwa latihan forehand volley sasaran berpindah lebih baik dari latihan forehand volley sasaran tetap terhadap kemampuan forehand volley pada sampel. Pelatih hendaknya memberikan latihan forehand volley sasaran berpindah untuk meningkatkan kemampuan forehand volley pada para petenis lanjutan. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan statistik penelitian yang menunjukan bahwa latihan forehand volley sasaran berpindah lebih baik dibandingkan dengan latihan forehand volley sasaran tetap. Bagi mahasiswa lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat membandingkan hasil penelitian ini dengan metode yang lain agar diperoleh informasi yang semakin akurat terkait suatu metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan forehand volley
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latihan Forehand volley, Sasaran Tetap, Sasaran Berpindah , Petenis Putra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 07:42 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6790 |
Actions (login required)
View Item |