Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelaja-ran Jaring Laba-laba Siswa Kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang


Redi Hermawan , 1402407088 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelaja-ran Jaring Laba-laba Siswa Kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelaja-ran Jaring Laba-laba Siswa Kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelaja-ran Jaring Laba-laba Siswa Kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kualitas pembelajaran IPS pada materi memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah. Faktor penyebabnya adalah guru masih mendominasi pembelajaran; cara guru menyampaikan materi yang terpisah-pisah; kurangnya guru dalam mengelola kelas; dan kurangnya pemberian penguatan kepada siswa. Dampak yang muncul kemampuan siswa tidak berkembang, siswa cepat merasa bosan, dan tidak antusias dalam belajar IPS. Proses pembelajaran tersebut masih terjadi di kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Dari hasil observasi prasiklus menunjukkan bahwa jumlah skor keterampilan guru adalah 15 dengan nilai cukup, sedangkan rata-rata hasil aktivitas siswa adalah 6,1 dengan nilai cukup, dan 97% siswa belum tuntas belajar pada materi memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada materi memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah maka peneliti menggunakan model pembelajaran jaring laba-laba sebagai solusi. Dari latar belakang tersebut maka dapat dibuat rumuskan masalah (1) Apakah MPJL dapat meningkatkan keterampilan guru dari nilai C meningkat minimal menjadi nilai B dalam pembelajaran memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah? (2) Apakah MPJL dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang dari nilai C meningkat minimal menjadi nilai B, dalam materi memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah? (3) Apakah MPJL dapat meningkatkan hasil belajar siswa minimal menjadi 90% dalam ketuntasan belajar klasikal pada siswa kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang, dalam materi memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah; (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang, dalam memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah; (3) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngijo 01, Kecamatan Gunungpati, Semarang, dalam memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes, dokumentasi, angket, wawancara, dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV sejumlah 29 anak. Dari penelitian yang telah dilakukan maka terjadi peningkatan nilai keterampilan guru, sebagai berikut: jumlah skor siklus I adalah 20 dengan nilai B, siklus II adalah 25 dengan nilai A, dan siklus III adalah 29 dengan nilai A. Sedangkan peningkatan aktivitas siswa, sebagai berikut: rata-rata skor siklus I adalah 10,25 dengan nilai C, siklus II adalah 14 dengan nilai B, dan siklus III adalah 16,8 dengan nilai A. Ketuntasan hasil belajar meningkat, dari siklus I sebesar 41%, siklus II sebesar 86%, dan siklus III sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) keterampilan guru dalam pembelajaran memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah melalui MPJL meningkat; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah melalui MPJL meningkat; (3) hasil belajar siswa pada materi memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah melalui MPJL meningkat. Peneliti menyarankan supaya guru mengubah paradigma bahwa MPJL hanya untuk diterapkan di kelas rendah, karena MPJL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas tinggi pada materi memahami peta buta Provinsi Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, model pembelajaran jaring laba-laba, webbed
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 07:32
Last Modified: 25 Apr 2015 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6787

Actions (login required)

View Item View Item