Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IIIC SDN Petompon 02 Semarang


Wiji Utami , 1402407182 (2011) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IIIC SDN Petompon 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IIIC SDN Petompon 02 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IIIC SDN Petompon 02 Semarang) - Published Version
Download (73MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika yang dicapai siswa. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar dengan KKM 67 mencapai 43,24% atau sebanyak 16 orang dan siswa yang belum tuntas belajar sebesar 56,76% atau sebanyak 21 siswa. Data hasil identifikasi masalah menunjukkan rata-rata prestasi belajar yang diperoleh sebesar 62,7. Nilai tertinggi dan terendah yang dicapai siswa adalah 100 dan 35 dengan jumlah masing-masing sebanyak 4 siswa. Penyebab permasalahan tersebut diantaranya kemampuan membimbing guru yang masih kurang dan siswa yang bergantung negatif pada siswa lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT mampu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IIIC SDN Petompon 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IIIC SDN Petompon 02 Semarang yang berjumlah 37 siswa. Variabel penelitian ini meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi keliling dan luas daerah persegi dan persegi panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi,tes, observasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis deskripitif kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, ketuntasan prestasi belajar klasikal mencapai 73% dengan rata-rata 78,8. Hasil keterampilan guru mencapai 26,5 dengan kriteria baik. Hasil rata-rata aktivitas siswa adalah 3 dengan kriteria baik. Pada siklus II, ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat mencapai 86,5% dengan rata-rata 85,14. Hasil pengamatan terhadap keterampilan guru adalah 32,5 dengan kriteria sangat baik. Rata-rata hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa mencapai 3,5 dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar. Saran yang peneliti berikan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan alternatif dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, matematika, model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 07:23
Last Modified: 25 Apr 2015 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6784

Actions (login required)

View Item View Item