Kecerdasan Emosi Mahasiswa Ditinjau dari Keaktifan Berorganisasi (Studi Komparasi Pada Mahasiswa Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang Tahun 2011)


Diah Susilowati , 1550404026 (2011) Kecerdasan Emosi Mahasiswa Ditinjau dari Keaktifan Berorganisasi (Studi Komparasi Pada Mahasiswa Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang Tahun 2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kecerdasan Emosi Mahasiswa Ditinjau dari Keaktifan Berorganisasi (Studi Komparasi Pada Mahasiswa Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang Tahun 2011)]
Preview
PDF (Kecerdasan Emosi Mahasiswa Ditinjau dari Keaktifan Berorganisasi (Studi Komparasi Pada Mahasiswa Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang Tahun 2011)) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada fenomena yang menunjukkan adanya keterkaitan antara kecerdasan emosi dengan berorganisasi dan adanya perbedaan kecerdasan emosi pengurus organisasi kemahasiswaan Unnes ditinjau dari keaktifan berorganisasi. Fenomena tersebut diperkuat dengan studi pendahuluan melalui angket. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Kecerdasan Emosi mahasiswa ditinjau dari keaktifan berorganisasi pada pengurus Organisasi Kemahasiswaan Unnes tahun 2011. Studi komparasi dilakukan pada pengurus BEM FIP dan BEM FT. Subjek penelitian adalah 114 pengurus BEM FIP dan BEM FT yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa cluster sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yaitu kuantitatif komparasional. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok aktif dan kelompok tidak aktif dengan jumlah anggota masing-masing kelompok 39 responden. Pengelompokkan keaktifan berdasarkan pada notulensi presensi kegiatan. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,921 dan dari 68 aitem didapatkan 60 aitem yang valid. Analisis data menggunakan teknik uji non parametrik Wilcoxon Mann-Whitney Test. Hasil analisis data yang diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) 0,382 atau angka signifikansi di atas 0,05 (α). Angka tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kecerdasan emosi yang signifikan pada kelompok aktif dan kelompok tidak aktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penulis memberikan saran bagi pengurus organisasi kemahasiswaan Unnes untuk meningkatkan kecerdasan emosi. Usaha peningkatan kecerdasan emosi dapat dilakukan dengan mengikuti Training ESQ dan semacamnya serta mengasah aspek-aspek penunjang perkembangan emosi yaitu kemampuan mengenali dan mengelola emosi diri, memotivasi diri, empati dan social skill. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat lebih hati-hati dalam mengelompokkan subyek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 07:01
Last Modified: 25 Apr 2015 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item