“Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru Bagi Wanita Usia Lanjut Di Posyandu Lansia Saras Utomo Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2005”.

Edi Joko Harjanto, 6101401024 (2006) “Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru Bagi Wanita Usia Lanjut Di Posyandu Lansia Saras Utomo Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2005”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru Bagi Wanita Usia Lanjut Di Posyandu Lansia Saras Utomo Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2005”.) - Published Version
Download (230Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh latihan Senam Sehat Indonesia terhadap peningkatan kapasitas vital paru bagi wanita usia lanjut di Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali tahun 2005? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh latihan Senam Sehat Indonesia terhadap peningkatan kapasitas vital paru wanita usia lanjut. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita usia lanjut di Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali tahun 2005 dengan jumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan karakteristik sampel : 1) Wanita usia 55-75 tahun. 2) Anggota Aktif Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali tahun 2005. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah latihan Senam Sehat Indonesia, sedangkan variabel terikatnya adalah kapasitas vital paru wanita usia lanjut di Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali tahun 2005. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode eksperiment lapangan dengan jenis pre-test and posttest group design, yang terdiri dari pre-test, treatment dan post-test. Intrument atau alat pengambilan data adalah : 1) Spirometer dari Hutchinson mengukur kapasitas vital paru. 2) Tape recorder dan kaset Senam Sehat Indonesia untuk latihan Senam Sehat Indonesia. Data yang diperoleh dari hasil test diolah dengan menggunakan rumus t-test atau rumus short method. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh data bahwa terjadi peningkatan kapasitas vital paru wanita usia lanjut yang signifikan, hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dengan nilai thitung 3,68 > ttabel 2,46 pada taraf signifikansi 0,01. Ratarata kapasitas vital paru sebelum mengikuti latihan adalah sebesar 946 ml dan setelah latihan menjadi 1013,33 ml atau terjadi peningkatan sebesar 7,12 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Senam Sehat Indonesia dapat mempengaruhi kapasitas vital paru wanita usia lanjut. 2) Latihan Senam Sehat Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kapasitas vital paru wanita usia lanjut. Maka dapat disarankan wanita usia lanjut di Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali untuk lebih termotivasi dalam melakukan kegiatan Senam Sehat Indonesia sebagai salah satu bentuk latihan dalam pembinaan kondisi fisik yang prima dalam menjaga tingkat kesegaran jasmani.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 31 Mar 2011 01:50
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item