(ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA


Esty Rahayu , 4201406506 (2011) (ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA) - Published Version
Download (78kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru sains khususnya fisika di SMP Negeri 1 Getasan, diperoleh nilai rata-rata siswa masih rendah. Siswa belum mampu menemukan sendiri konsep fisika yang telah dipelajari, karena guru masih jarang melakukan pembelajaran menggunakan laboratorium. Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses dapat digunakan sebagai pembelajaran yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman siswa dari menemukan sendiri dan guru dapat melakukan penilaian sebenarnya dari kegiatan yang sudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran sains dengan keterampilan proses berbasis laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP N 1 Getasan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP N 1 Getasan. Data hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi, hasil belajar kognitif dan berpikir kreatif diperoleh dari lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII D SMP N 1 Getasan meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan kalor. Saran yang dapat diberikan adalah pertama, penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses, sebaiknya guru lebih mengintensifkan proses pembimbingan kepada siswa ketika melakukan percobaan agar dapat berjalan lancar sehingga alokasi waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Kedua, Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat dikembangkan pada pokok bahasan yang berbeda sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sains, Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 06:37
Last Modified: 01 Nov 2011 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6769

Actions (login required)

View Item View Item