PENGARUH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN CTL DILENGKAPI TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP N 11 SEMARANG
Nur Azizah Sukahayati , 4101403053 (2009) PENGARUH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN CTL DILENGKAPI TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN CTL DILENGKAPI TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP N 11 SEMARANG)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salah satu upaya menumbuhkan keterampilan proses siswa adalah melalui model pembelajaran CTL dilengkapi tugas terstruktur. Dalam belajar sering dijumpai beberapa masalah yang menuntut siswa untuk memecahkannya. Proses menuju ke arah kecakapan hidup perlu suatu latihan serta membutuhkan suatu proses yang disebut keterampilan proses. Masih dijumpai siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan geometri, salah satunya materi segitiga. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada pengaruh keterampilan proses pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP dalam CTL dilengkapi tugas terstruktur terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika? (2) jika ada pengaruh, berapakah besas pengaruhnya? Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 11 Semarang. Sampel dipilih dengan tehnik Cluster random sampling terpilih satu kelas yaitu kelas VII C. Variabel terikat yaitu kemampuan pemecaham masalah matematika. Variabel bebasnya adalah keterampilan proses pembelajaran matematika yang ditumbuhkan dengan model CTL dilengkapi tugas terstruktur. Cara pengambilan data dengan lembar pengamatan dan tes. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis regresi. Hasil penelitian diperoleh persamaan estimasi regresi linier Yˆ = 3,717 +1,027 X dan nilai koefisien determinasinya R2 sebesar 0,845. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa 1. Ada pengaruh positif antara keterampilan proses pembelajaran matematika siswa SMP kelas VII dalam CTL dilengkapi tugas terstruktur terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika. 2. Besarnya kontribusi keterampilan proses terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VII SMP dalam CTL dilengkapi tugas terstruktur adalah 84,5%. Saran Dalam pembelajaran, hendaklah para guru senantiasa memperhatikan keterampilan proses siswa dengan cara membentuk suasana belajar yang aktif dan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan proses, CTL, kemampuan memecahkan masalah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2011 06:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/676 |
Actions (login required)
View Item |