(ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD SAWAH BESAR 01 KECAMATAN GAYAMSARI SEMARANG
ALBERTA BUDI LESTARI , 1402907182 (2011) (ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD SAWAH BESAR 01 KECAMATAN GAYAMSARI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD SAWAH BESAR 01 KECAMATAN GAYAMSARI SEMARANG)
- Published Version
Download (79kB) | Preview |
Abstract
IPS di SD bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari – hari . Pengelolaan pembelajaran IPS di kelas IV SD Sawah Besar 01 Kec Gayamsari Semarang belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi , sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya rendah ( = 61, KKM. IPS = 68 ) artinya belum mencapai KKM. Maka perlu dilaksanakan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai alternative pemecahannya . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1) Apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS keterampilan guru dapat meningkat ?. 2) Apakah dengan menggunakan penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa ?. 3) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan penerapan model Kooperatif Tipe STAD. Tujuan khususnya meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, prestasi belajar siswa. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Sawah Besar 01 Kec Gayamsari. Cara pengambilan data melalui teknik tes dan non-tes , sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitaif dan kuantitatif . Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata skor 4,37 pada siklus II rata – rata skor 4,58 . demikian juga dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus . Pada siklus I perolehan hasil belajar siswa rata – rata siswa nilainya adalah 74,75dengan prosentase ketuntasan 62,5 % , rata – rata nilai pada siklus II adalah 87,25 dengan prosentase 82,5 % . Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkan telah tercapai ketuntasan belajar pada siklus II dan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Sawah Besar Kec Gayamsari Semarang . Maka guru disarankan untuk menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai alternative dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran IPS yang efektif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas siswa,Ketrampilan guru,Prestasi belajar,STAD |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 04:59 |
Last Modified: | 01 Nov 2011 05:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6749 |
Actions (login required)
View Item |