Keefektifan Penggunaan Media Video dan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Materi Kubus Balok pada Siswa Kelas VIII.


M.I. Mufhid Ibrahim , 4101407008 (2011) Keefektifan Penggunaan Media Video dan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Materi Kubus Balok pada Siswa Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Media Video dan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Materi Kubus Balok pada Siswa Kelas VIII.]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Media Video dan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Materi Kubus Balok pada Siswa Kelas VIII.) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam materi pokok bangun ruang sisi datar khususnya materi pokok kubus dan balok masih kurang yang dilihat dari perolehan nilai siswa. Siswa yang memperoleh nilai lebih dari batas ketuntasan hanya 55%, sedangkan 45% lainya belum mencapai batas tuntas. Selain itu siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan media dalam suatu model pembelajaran yang efektif untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran. Adapun media yang dipilih adalah media video dan multimedia interaktif. Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran kontekstual. Masalah yang dikaji adalah bagaimanakah keefektifan penggunaan media video dan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII, serta bagaimanakah perbedaan keefektifan antara penggunaan media video dan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain control group posttest- only design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP N 3 Kedu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai daftar nama-nama siswa dan data nilai awal. Tes digunakan untuk mengetahui mengetahui pencapain keberhasilan pembelajaran. Observasi digunakan untuk memperoleh data pengelolaan pembelajaran kontekstual oleh guru dan siswa selama pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah nilai matematika materi kubus dan balok setelah diberi pembelajaran kontekstual menggunakan media video dan multimedia interaktif berdasarkan pengujian rata-rata pada kelas media video dan multimedia interaktif menunjukkan maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar kedua pembelajaran tersebut telah mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata presentase aktivitas siswa pada pembelajaran menggunakan media video dan menggunakan multimedia interaktif mempunyai persentase yang berkategori baik. Berdasarkan uji ketuntasan belajar dan persentase aktivitas siswa dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan kedua media tersebut efektif. Berdasarkan pengujian perbedaan rata-rata pihak kanan, diperoleh hasil yaitu sehingga hipotesis nol kita tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai akhir kelas media video lebih tinggi daripada rata-rata pada kelas multimedia interaktif. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan media video lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media video, multimedia interaktif, penekatan kontekstual
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 05:12
Last Modified: 25 Apr 2015 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6748

Actions (login required)

View Item View Item