Keefektifan Pembelajaran Model Learning Cycle 5E (LC5E) Berbantuan Software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pemalang pada Materi Dimensi Tiga


Diah Rahmawati, 4101407024 (2011) Keefektifan Pembelajaran Model Learning Cycle 5E (LC5E) Berbantuan Software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pemalang pada Materi Dimensi Tiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Model Learning Cycle 5E (LC5E) Berbantuan Software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pemalang pada Materi Dimensi Tiga]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Model Learning Cycle 5E (LC5E) Berbantuan Software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pemalang pada Materi Dimensi Tiga) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pemalang saat ini masih terpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika hendaknya didesain untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik agar dapat menumbuhkembangkan kemampuannya secara maksimal. Melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E, peserta didik dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif dan bermakna. Dalam penelitian ini, Learning Cycle 5E dipadukan dengan software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pemalang pada materi Dimensi Tiga. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga terpilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran model Learning Cycle 5E (LC5E) berbantuan software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran model Direct Instruction. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji beda rata-rata dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen mencapai KKM, kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas kontrol, kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen tuntas secara klasikal, dan persentase kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang mencapai KKM pada kelas eksperimen lebih besar daripada persentase kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang mencapai KKM pada kelas kontrol. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pemalang pada materi Dimensi Tiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Learning Cycle 5E, Cabri 3D, LKPD, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 03:55
Last Modified: 25 Apr 2015 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6741

Actions (login required)

View Item View Item