Implementasi Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di Kawasan KPH Telawa: studi kasus di LMDH Sumber Rejeki, Makmur Sejati, Trubus Lestari dan Yosowono

Andri Kurniawan, 3353405035 (2010) Implementasi Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di Kawasan KPH Telawa: studi kasus di LMDH Sumber Rejeki, Makmur Sejati, Trubus Lestari dan Yosowono. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di Kawasan KPH Telawa: studi kasus di LMDH Sumber Rejeki, Makmur Sejati, Trubus Lestari dan Yosowono)
Download (365Kb)

    Abstract

    Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) adalah suatu system pengelolaan sumberdaya hutan yang dilakukan bersama dengan jiwa berbagi antara Perhutani, masyarakat desa hutan melalui LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) sehingga kepentingan bersama untuk mencapai keberlanjutan fungsi dan manfaat sumber daya hutan dapat diwujudkan secara optimal dan proporsionalMasalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program PHBM di LMDH Sumber Rejeki, Makmur Sejati, Trubus Lestari dan Yosowono, kendala dan dampak program PHBM di LMDH Sumber Rejeki, Makmur Sejati, Trubus Lestari dan Yosowono, bagaimana bentuk strategi pengembangan program PHBM. Penelitian ini menggunakan studi kasus di LMDH Sumber Rejeki, Makmur Sejati, Trubus Lestari dan Yosowono. Variabel penelitian adalah, implementasi PHBM, kendala pelaksanaan PHBM, dampak program PHBM, strategi pengembangan PHBM. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan langkah sebagai berikut: pengumpulan dokumen, pengamatan, wawancara tidak terstruktur dan informal, mencatat data dalam catatan lapangan secara intensif. Metode pengumpulan datanya meliputi dokumentasi, wawancara dan kuisoner (angket). Metode analisis data adalah analisis deskriptif dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi implementation gap pada implementasi PHBM di LMDH Sumber Rejeki, Makmur Sejati Trubus Lestari dan Yosowono. Dampak dari kegiatn PHBM adalah ada penambahan penghasilan bagi masyarakat, penyerapan tenaga kerja, pencurian menurun. Kendala dari perhutani adalah kesulitan dalam kegiatan sosialisasi, LMDH masih sangat tergantung dengan Perhutani. kendala dari LMDH adalah tarif upah yang kurang transparan, peralatan kurang, kurangnya usaha produktif dari LMDH. Stategi untuk meningkatkan PHBM adalah strategi intergrasi horizontal. Saran yang dapat di ajukan adalah dalam pembuatan perencanaan sebaiknya mayarakat dilibatkan agar masyarakat lebih memahami tentang PHBM. Jarak tanaman pokok diperlebar agar kegiatan tanaman pertanian dibawah tegakan bisa lebih di optimalkan oleh para anggota LMDH. Diharapkan Perhutani memberikan bantuan peralatan pertanian. LMDH dan Perhutani bekerjasama dalam kegiatan pengamanan hutan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: implementasi ekonomi, dampak kendala, strategi, Pengelolaan Hutan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 31 Mar 2011 01:38
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item