(ABSTRAK) PENANGANAN KASUS STRES DALAM MENGHADAPI AKTIVITAS KULIAH MELALUI PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI PADA MAHASISWA JURUSAN SENI RUPA FBS UNNES TAHUN AJARAN 2010/2011


Isni Agista , 1301406020 (2011) (ABSTRAK) PENANGANAN KASUS STRES DALAM MENGHADAPI AKTIVITAS KULIAH MELALUI PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI PADA MAHASISWA JURUSAN SENI RUPA FBS UNNES TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENANGANAN KASUS STRES DALAM MENGHADAPI AKTIVITAS KULIAH MELALUI PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI PADA MAHASISWA JURUSAN SENI RUPA FBS UNNES TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENANGANAN KASUS STRES DALAM MENGHADAPI AKTIVITAS KULIAH MELALUI PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI PADA MAHASISWA JURUSAN SENI RUPA FBS UNNES TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan yang terjadi pada mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS Unnes. Diperoleh keterangan bahwa mereka mengalami kecemasan dan tekanan yang meningkat ketika sejumlah tugas harus diselesaikan atau ketika menjelang ujian semester. Stres yang dialami oleh mahasiswa dalam menghadapi aktivitas kuliah ditunjukkan dengan gejala fisik, gejala kognitif, gejala emosional, dan gejala sosial. Melihat gejala-gejala tersebut akan sangat mengganggu mahasiswa dalam menjalani aktivitas perkuliahan apabila hal tersebut tidak segera ditangani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran stres yang dialami oleh mahasiswa dalam menghadapi aktivitas kuliah sebelum mendapat konseling dan untuk mengetahui apakah konseling behavioristik dengan teknik pengelolaan diri efektif untuk menangani stres dalam menghadapi aktivitas kuliah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa yang mengalami masalah stres dalam menghadapi aktivitas kuliah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis komparatif, analisis isi (konten), dan analisis logic. Dari hasil pemberian konseling kepada tiga mahasiswa jurusan Seni Rupa FBS Unnes dapat dilihat bahwa mahasiswa yang mengalami stres dalam menghadapi aktivitas kuliah sudah dapat teratasi walaupun belum sepenuhnya, hal tersebut dikarenakan penerimaan dari masing-masing individu berbeda satu dengan yang lain. Akan tetapi sudah dapat terlihat bedanya, dari perkembangan selama mengikuti proses konseling masing-masing konseli sudah merasa terbantu untuk dapat mengelola dirinya dengan baik sehingga waktu yang dimilki dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas kuliah. Pada dasarnya konseling behavioristik dengan teknik pengelolaan diri adalah teknik yang efektif untuk menangani masalah stres mahasiswa dalam menghadapi aktivitas kuliah. Simpulan yang dapat diambil bahwa masalah stres dalam menghadapi aktivitas kuliah yang dialami oleh masing-masing subyek berbeda satu dengan yang lain dan dapat ditangani dengan konseling behavioristik dengan teknik pengelolaan diri. Saran untuk ketiga subyek diharapkan dapat mengelola diri dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stres, Aktivitas Kuliah, Konseling Behavioristik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 02:17
Last Modified: 01 Nov 2011 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

View Item View Item