Kesesuaian Butir-butir Soal Uji Kompetensi dengan Indikator pada Buku Teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs Terbitan Intan Pariwara


Hany Millaty, 2102407143 (2011) Kesesuaian Butir-butir Soal Uji Kompetensi dengan Indikator pada Buku Teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs Terbitan Intan Pariwara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesesuaian Butir-butir Soal Uji Kompetensi dengan Indikator pada Buku Teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs Terbitan Intan Pariwara]
Preview
PDF (Kesesuaian Butir-butir Soal Uji Kompetensi dengan Indikator pada Buku Teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs Terbitan Intan Pariwara) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku teks adalah buku yang penyusunannya didasarkan pada kurikulum yang berlaku, sehingga isi buku teks merupakan salah satu perwujudan dari kurikulum. Dalam buku teks terdapat soal-soal latihan/uji kompetensi. Pembuatan soal-soal dalam buku teks perlu memperhatikan indikator. Butir soal uji kompetensi pada buku teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs kelas VII terbitan Intan Pariwara jika dilihat secara sepintas banyak ditemukan penyusunan soal yang belum tepat. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang kesesuaian butir soal uji kompetensi dengan indikator pada buku teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs khususnya kelas VII terbitan Intan Pariwara. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah butir soal uji kompetensi pada buku teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs kelas VII terbitan Intan Pariwara sesuai indikator. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi kesesuaian butir soal uji kompetensi dengan indikator pada buku teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs kelas VII terbitan Intan Pariwara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa butir soal uji kompetensi pada buku teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs kelas VII terbitan Intan Pariwara, sedangkan sumber datanya berasal dari buku teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs kelas VII terbitan Intan Pariwara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik pilah dan penggolangan. Hasil analisisnya dipaparkan menggunakan teknik informal yaitu berupa uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal uji kompetensi pada buku teks Kulina Basa Jawa SMP/MTs kelas VII terbitan Intan Pariwara setelah dianalisis berdasarkan kesesuaian dengan indikator, terdapat 20 butir soal yang sesuai indikator, dan 75 butir soal yang tidak sesuai dengan indikator. Butir soal yang tidak sesuai indikator terdiri atas 54 butir soal yang tidak komunikatif, 21 butir soal yang tidak mempunyai indikator, serta 9 indikator yang tidak dimunculkan menjadi butir soal. Butir soal yang tidak komunikatif tersebut terbagi menjadi 27 butir soal yang berkaitan dengan teori-teori kebahasaan, 6 butir soal yang berkaitan dengan teori-teori kesastraan, 8 butir soal yang berkaitan dengan teori unggah-ungguh bahasa Jawa dan 13 butir soal yang berkaitan dengan pengetahuan umum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan para penyusun soal, penulis buku teks harus lebih teliti dalam menyusun soal dalam buku teks, soal tersebut harus disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan dalam buku teks tersebut, sehingga bisa mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan siswa dalam mencapai indikator tersebut. Diharapkan pula dalam penyusunan soal dalam buku teks lebih menekankan pada soal yang benar-benar mampu mengukur empat aspek keterampilan berbahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: soal uji kompetensi, indikator, dan tes bahasa komunikatif
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 05:19
Last Modified: 25 Apr 2015 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item