(ABSTRAK) EFEKTIVITAS SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG


Wastu Bondan Susantiyatno , 2302406003 (2011) (ABSTRAK) EFEKTIVITAS SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) EFEKTIVITAS SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) EFEKTIVITAS SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG) - Published Version
Download (78kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah yang berlangsung selama ini hanya berorientasi pada memorisasi bahan-bahan pelajaran dan interaksi belajar mengajar yang berjalan dari satu arah. Guru hanya memberikan materi dan memegang peranan yang dominan serta kurang melibatkan siswa secara aktif. Di lain pihak, siswa hanya melakukan latihan-latihan tertulis dan menghafalkan kata atau tata bahasanya saja, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya kemampuan berbahasa mereka kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu cara atau metode yang bisa membantu siswa untuk mengoptimalkan kemampuan berbahasa Jepang. Selain metode yang tepat, diperlukan juga media yang tepat untuk mendukung proses pengajaran bahasa Jepang. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti bermaksud meliti tentang efektivitas suatu media terhadap penguasaan kosakata, media tersebut adalah srabble. Scrabble merupakan salah satu contoh media yang terdapat dalam metode permainan bahasa. Metode permainan bahasa mempunyai keunggulan, yaitu siswa dapat bermain sambil belajar, sehingga siswa tidak merasa bosan dan mengasah ketrampilan berbahasa mereka. Sedangkan, media scrabble memiliki keunggulan bahwa setiap pemain dalam permainan ini dipaksa untuk memiliki perbendaharaan kata yang baik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode eksperimen. Penelitian ini juga merupakan penelitian komparasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan teknik belah dua dengan rumus Spearman- Brown. Berdasarkan hasil analisis hasil tes menunjukan bahwa nilai rata-rata pada kelas kontrol lebih besar dari nilai rata-rata kelas eksperimen. Dan perhitungan menggunakan rumus ttes diperoleh thitung -2,41 lebih kecil dari ttabel 1,67. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media srabble tidak efektif untuk meningkatan penguasaan kosakata pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media scrabble, kosakata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 01:12
Last Modified: 01 Nov 2011 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item View Item