Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC-5E) Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Ekskresi di SMA N 3 Salatiga


Sri Lestari , 4401407010 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC-5E) Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Ekskresi di SMA N 3 Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC-5E) Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Ekskresi di SMA N 3 Salatiga]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC-5E) Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Ekskresi di SMA N 3 Salatiga) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Rata-rata hasil pembelajaran Biologi pada semester genap untuk kelas XI SMA N 3 Salatiga yaitu 65, belum sesuai dengan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) di SMA N 3 Salatiga sebesar 70. Nilai tersebut dinilai masih rendah, dan diduga disebabkan oleh beberapa permasalahan diantaranya, proses pembelajaran yang bersifat monoton yaitu dengan ceramah dan diskusi, kurangnya pemanfaatan metode pembelajaran dan lingkungan sekitar dalam proses pembelajaran biologi. Bentuk dan cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan minat belajar adalah dengan merencanakan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa berani untuk mengungkapkan pendapat atau ideidenya tanpa rasa takut, dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa yang disesuaikan dengan pengetahuan awal yang dimiliki siswa. Salah satunya dengan model Learning Cycle (LC-5E) dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Salatiga di kelas XI IA 4 dan XI IA 5, pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling dengan desain penelitian One Shot Case Study. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa (tes akhir, tugas, dan nilai laporan), aktivitas siswa selama pembelajaran, data kinerja guru dalam mengajar, data tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Data hasil aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan kinerja guru dianalisis menggunakan persentase kinerja, sedangkan data tanggapan guru dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC-5E) berpendekatan JAS diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas XI IA 4 sebesar 83,05 dan kelas XI IA 5 sebesar 83,83. Keaktifan siswa pada kelas XI IA 4 sebesar 74,56%, sedangkan kelas XI IA 5 sebesar 75,44%. Kinerja guru dalam pembelajaran sangat tinggi dengan presentase 88,97%. Sedangkan tanggapan positif siswa pada kelas XI IA 4 sebesar 92,12 % dan kelas XI IA 5 sebesar 87,57 %. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Learning Cycle (LC-5E) berpendekatan JAS dapat diterapkan siswa pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 3 Salatiga

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC-5E, Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 00:59
Last Modified: 25 Apr 2015 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6713

Actions (login required)

View Item View Item