SURVEI STATUS GIZI DAN KESEGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) BHALADIKA SEMARANG

Angga Budining Septyagana, 6250404018 (2009) SURVEI STATUS GIZI DAN KESEGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) BHALADIKA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (SURVEI STATUS GIZI DAN KESEGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) BHALADIKA SEMARANG) - Published Version
Download (1218Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah status gizi dan kesegaran jasmani siswa pada sekolah sepak bola (SSB) Bhaladika Semarang? Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat status gizi dan kesegaran jasmani pada siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Bhaladika Semarang. Populasi penelitian ini adalah anak-anak usia 13-15 tahun siswa SSB Bhaladika Semarang yang berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu semua populasi anakanak usia 13-15 tahun pada SSB Bhaladika Semarang yang berjumlah 36 orang. Variabel penelitian adalah status gizi dan kesegaran jasmani siswa sepak bola. Untuk memperoleh data yang sesuai, maka dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa status gizi secara keseluruhan pemain di SSB Bhaladika Semarang diketahui 86,1 % (31 orang) berstatus gizi baik dan 13,9 % (5 orang) berstatus gizi kurang. Untuk tes kesegaran jasmani diketahui bahwa 69,4% (25 orang) memiliki kesegaran jasmani yang baik, 19,4 % (7 orang) memiliki tingkat kesegaran jasmani sedang, serta 11,1 % (4 orang) memiliki tingkat kesegaran jasmani kurang. Simpulan yang diambil dari hasil penelitian adalah status gizi sebagian pemain di SSB Bhaladika Semarang dalam kategori baik 86,1% (31 orang) sedangkan kesegaran jasmani siswa sepak bola 69,4% (25 orang) memiliki tingkat kesegaran jasmani yang baik. Adapun saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian yaitu Pelatih dan orang tua bekerja sama mensosialisasikan akan arti pentingnya status gizi putera puterinya. Disamping itu orang tua juga perlu diberi pengertian tentang cara-cara meningkatkan status gizi antara lain penyediaan makanan yang bernilai gizi, penyajian menu makanan yang bervariasi, memberikan perhatian terhadap putera puterinya terutama dalam masalah makan dan istirahat, memberikan pengertian tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.Untuk siswa yang memiliki status gizi kurang dan tingkat kesegaran jasmani yang rendah harus meningkatkan status gizi dengan pola makan yang seimbang, yaitu cukup karbohidrat, lemak, dan protein sebagai sumber energi penggerak tubuh. Dengan energi yang tercukupi tersebut digunakan siswa untuk beraktivitas tinggi dalam sepak bola sehingga akan tercapai tingkat kesegaran jasmani siswa yang diinginkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Status Gizi Dan Kesegaran Jasmani Siswa Sepak Bola
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 31 Mar 2011 01:11
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item