Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Atas Penjualan Tunai pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Bayan

Agus Nurul Hudanantho, 3351305040 (2009) Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Atas Penjualan Tunai pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Bayan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Atas Penjualan Tunai pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Bayan.)
Download (2020Kb)

    Abstract

    Perumusan masalah yang dikemukakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah tentang bagaimana sistem pengendalian intern atas penerimaan kas dari penjualan tunai pada KPRI Sejahtera Bayan. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian intern atas penerimaan kas dari penjualan tunai pada KPRI Sejahtera Bayan. Sedangkan manfaat yang dipakai penulis Tugas Akhir ini adalah manfaat teoritis dan manfaat praktis. Obyek penelitian adalah sistem pengendalian intern atas penerimaan kas dari penjualan tunai pada KPRI Sejahtera Bayan. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan di analisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Fungsi yang terkait dalam sistem pengendalian intern penerimaan kas pada KPRI Sejahtera meliputi: (1) Fungsi Penjualan, (2) Fungsi Kas, dan (3) Fungsi Akuntansi. Dokumen yang digunakan dalam sistem pengendalian intern penerimaan kas pada KPRI Sejahtera (1)Faktur penjualan tunai, (2) Pita Register kas, (3) Daftar Harian Kas. Catatan akuntansi yang digunakan pada KPRI Sejahtera Bayan: (1) Daftar Penerimaan Kas (2) Kartu persediaan. Unsur pengendalian intern pada KPRI Sejahtera Bayan: (1) Organisasi (2) Sistem Otorisasi dan Prosedur Pencatatan, (3) Praktek yang sehat. Adapun saran-saran dari penulis sebagai berikut. Pada unsur organisasi sebaiknya diadakan penetapan tanggung jawab dan pemisahan fungsi yang jelas. untuk prosedur pencatatan perlu adanya jurnal penjualan, jurnal umum, kartu persediaan dan kartu gudang agar dapat menghasilkan informasi yang teliti dan dapat dipercaya mengenai kekayaan, pendapatan dan biaya yang dimiliki oleh KPRI Sejahtera Bayan. Untuk memenuhi standar praktik yang sehat maka pada KPRI Sejahtera Bayan perlu diadakan inspeksi mendadak oleh pengawas sebagai bentuk dari pengendalian intern dan meningkatkan kualitas kerja karyawan. Untuk memiliki karyawan yang cakap KPRI Sejahtera Bayan perlu adanya penyaringan yang lebih ketat untuk mendapatkan karyawan yang lebih kompeten dan sesuai dengan profesinya agar dapat tercipta efektifitas dan efisiensi kerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Intern, Sistem Pengendalian Intern Kas, Penjualan Tunai, KPRI Sejahtera Bayan
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 31 Mar 2011 01:06
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item