Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa melalui Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya


Hana Dwi Rizkiana , 4201406002 (2011) Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa melalui Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa melalui Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa melalui Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa yang meliputi keterampilan mengamati, mengklasifikasi, dan berkomunikasi. Penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences berdasarkan pada tipe kecerdasan klasikal siswa sehingga sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Margadana 5 Kota Tegal. Penilaian keterampilan proses dilaksanakan melalui tes tertulis maupun observasi oleh guru kelas dan observer. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadinya peningkatan keterampilan proses siswa yang meliputi: keterampilan mengamati, mengklasifikasi, dan berkomunikasi yang dapat dilihat melalui presentase ketuntasan kelas yang diperoleh. Berdasarkan penilaian tes tertulis, presentase ketuntasan kelas pada keterampilan mengamati siklus I, siklus II, dan siklus III, secara berturut-turut: 69,23%; 80,77%; dan 100%. Presentase ketuntasan kelas pada keterampilan mengklasifikasi siklus I, siklus II, dan siklus III, secara berturut-turut: 80,77%; 96,15%; dan 100%. Presentase ketuntasan kelas pada keterampilan berkomunikasi siklus I, siklus II, dan siklus III, secara berturut-turut: 92,31%; 92,31%; dan 100%. Berdasarkan penilaian observasi, presentase ketuntasan kelas pada keterampilan mengamati siklus I, siklus II, dan siklus III, secara berturut-turut: 80,77%; 100%; dan 100%. Presentase ketuntasan kelas pada keterampilan mengklasifikasi siklus I, siklus II, dan siklus III, secara berturut-turut: 100%; 100%; dan 100%. Presentase ketuntasan kelas pada keterampilan berkomunikasi siklus I, siklus II, dan siklus III, secara berturut-turut: 80,77%; 100%; dan 100%. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences dapat meningkatkan keterampilan proses siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses, multiple intelligences
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 00:29
Last Modified: 25 Apr 2015 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item