Pengaruh Minat, Kebiasaan Membaca Buku Perpustakaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Bejar Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2010/2011


Ratih Puspita Dewi , 7101407123 (2011) Pengaruh Minat, Kebiasaan Membaca Buku Perpustakaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Bejar Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat, Kebiasaan Membaca Buku Perpustakaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Bejar Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Pengaruh Minat, Kebiasaan Membaca Buku Perpustakaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Bejar Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini :1) Adakah pengaruh minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X baik secara simultan maupun parsial, 2) Seberapa besar pengaruh minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan pengaruh minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Wonosobo tahun ajaran 2010/2011. manfaat penelitian ini dapat memperkaya wawasan pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Wonosobo untuk semua program keahlian. Populasi terdiri dari 346 siswa yang terbagi dalam 11 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proposional random sampling yang berjumlah 77 siswa. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif prosentase, kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji simultan dan parsial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif prosentase menunjukan bahwa minat membaca, kebiasaan membaca buku perpustakaan dalam katagori baik, dan lingkungan keluarga dalam katagori sangat baik. Sedangkan untuk prestasi belajar termasuk dalam katagori baik. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y= ao + a1X1 + a2X2 + a3X3= 19,281 + 0,356 + 0,643 + 0,240. Ada pengaruh signifikan minat membaca, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar dilihat dari hasil analisis uji F diperoleh Fhitung sebesar 13,270 dengan nilai probabilitas 0,000 ≤ 0,05. Besarnya pengaruh minat membaca, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar secara simultan sebesar 38,5%. Sedangkan 61,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Besarnya pengaruh minat membaca secara parsial sebesar 23,7%, kebiasaan membaca buku perpustakaan secara parsial sebesar 34,8%, dan lingkungan keluarga sebesar 21%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa minat membaca, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga berkategori baik dan prestasi belajar juga dalam kategori baik. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu Orang tua memiliki kewajiban untuk menyediakan sarana dan prasarana belajar yang memadai di rumah untuk belajar, serta memberikan dukungan yang penuh terhadap motivasi belajar putra-putri mereka pada saat belajar di rumah sehingga prestasi belajar siswa di sekolah dapat mencapai hasil yang maksimal. Besarnya pengaruh minat membaca, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga membuktikan bahwa variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X. Oleh karena itu harus disikapi secara positif oleh semua pihak yaitu dengan menambah jumlah buku yang lebih banyak lagi, dan buku-buku yang disediakan diusahakan terbitan tahun terbaru, sehingga akan meningkatkan minat siswa dalam membaca buku di perpustakaan sekolah, dan untuk pencapaian prestasi yang lebih baik lagi. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Kebiasaan Membaca Buku Perpustakaan, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 07:59
Last Modified: 25 Apr 2015 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6678

Actions (login required)

View Item View Item