Pemanfaatan Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab Kelas VIII B MTs. Salafiyah Karangtengah Warungpring-Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011


Anisah , 230340701 (2011) Pemanfaatan Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab Kelas VIII B MTs. Salafiyah Karangtengah Warungpring-Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab Kelas VIII B MTs. Salafiyah Karangtengah Warungpring-Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Pemanfaatan Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab Kelas VIII B MTs. Salafiyah Karangtengah Warungpring-Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (33MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa mencakup mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan membaca itu sangat penting karena untuk mengetahui dan memperluas wawasannya dan harus dimilki seseorang sejak masih kecil, apa lagi membaca nyaring untuk melatih pelafalan siswa, tetapi kemampuan membaca nyaring bahasa Arab siswa masih kurang seperti dalam membaca nyaring itu nadanya masih seperti membaca Al-Qur’an dan dialeknya masih menggunakan dialek bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa itu karena pengajaran membaca nyaring bahasa Arab jarang dilaksanakan dibandingkan membaca pemahaman dan qowaid. Selain itu siswa merasa malas untuk membaca nyaring bahasa Arab karena guru dalam mengajar masih monoton. Dengan memanfaatkan media komik sebagai media pembelajaran membaca nyaring berbahasa menjadikan proses pembelajaran santai dan siswa lebih semangat karena adanya animasi warna dan gambar membuat siswa tidak bosan sehingga siswa dalam membaca nyaringpun tidak perlu dibujuk guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam proses pembelajaran membaca nyaring menggunakan media komik pada siswa kelas VIII B MTs. Salafiyah karangtengah warungpring-Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan nontes. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari prasiklus menuju siklus I dan siklus II. Dari data tes dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas dari 30 siswa pada prasiklus yaitu 56 dengan kategari kurang menuju siklus I pertemuan I yaitu nialai rata-rata 66,33 dengan kategori cukup, siklus I pertemuan II yaitu dengan nilai rata-rata 70 berkategori baik dan pada siklus II pertemuan I yaitu dengan nilai rata-rata 75 berkategori baik serta siklus II pertemuan II yaitu dengan nilai rata-rata 82 dengan kategori sangat baik. Dalam prosentase peningkatan tersebut adalah 5,53% dari pertemuan I ke pertemuan II. Dan terjadi peningkatan sebesar 7,14% dari pertemuan II ke pertemuan III. Selanjutnya peningkatan sebesar 9,33% dari pertemuan III ke pertemuan IV. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa peningkatan keterampilan membaca nyaring bahasa Arab menggunakan media komik pada siswa kelas VIII MTs. Salafiyah karangtengah Warungpring- Pemalang tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Komik, Keterampilan Membaca Nyaring
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 07:58
Last Modified: 25 Apr 2015 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6676

Actions (login required)

View Item View Item