Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik bermuatan STEAM untuk Pembelajaran Mengenal Angka di kelompok A TK IT Sekargading Kalisegoro


Ainun Niswatun Ni’mah, 1601419076 (2024) Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik bermuatan STEAM untuk Pembelajaran Mengenal Angka di kelompok A TK IT Sekargading Kalisegoro. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan mengenal angka dianggap sebagai salah satu konsep matematika yang paling sulit untuk didefinisikan. Sebaliknya, kemampuan ini merupakan salah satu keterampilan matematika yang sangat berguna untuk memprediksi prestasi belajar siswa dan keterampilan sosial emosional mereka. Pembelajaran mengenal angka di TK IT Sekargading Kalisegoro masih belum begitu optimal dengan banyaknya kelompok A yang masih mengalami kesulitan. Model problem based learning menjadi salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk membantu anak dalam pembelajaran mengenal angka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengenal angka di kelompok A TK IT Sekargading setelah di terapkannya model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik bermuatan STEAM serta untuk mengetahui juga seberapa besar pengaruh model pembelajaran tersebut. Fokus penelitiannya adalah anak mampu menyebutkan urutan angka 1-10, membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda) 1-10, dan menghubungkan atau memasangkan simbol bilangan dengan benda 1-10. Penelitian ini menggunakan Pre-experimental designs (One Group Pretest-Posttest Design) dengan menggunakan simple random sampling kelompok A dengan jumlah 32 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan observasi serta metode analisis datanya yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil Uji normalitas untuk Pretest dan Posttest memperoleh hasil asymp. Sig. (2-tailed) lebih besar dari 0,05. Taraf signifikansi (2- tailed) Pretest sebesar 0,2 dan Posttest 0,064. Sedangkan hasil dari uji homogenitas nilai signifikansi (Sig.) adalah 0.781> 0.05. Selanjutnya uji hipotesis dengan menggunakan one sample t-test memperoleh hasil posttest 96,81%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan pendekatan saintifik bermuatan STEAM untuk pembelajaran mengenal angka memiliki pengaruh dan mendapatkan hasil n-gain 0,26% dengan kriteria rendah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, pendekatan saintifik, STEAM, Mengenal Angka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Mar 2025 04:15
Last Modified: 04 Mar 2025 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66712

Actions (login required)

View Item View Item