EFEKTIVITAS MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN IMAJINASI DI TK TA BUCU 1 DAN TK BA AISYIYAH 2
Laili Masrurotun Nisak, 1601418019 (2024) EFEKTIVITAS MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN IMAJINASI DI TK TA BUCU 1 DAN TK BA AISYIYAH 2. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (Skripsi)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan imajinasi merupakan potensi yang harus ditingkatkan pada anak usia dini. Dengan adanya imajinasi anak lebih kreatif dan percaya diri. Perlu adanya upaya untuk membantu anak dalam meningkatkan keterampilan imajinasinya. Hal ini dapat dimulai dari lingkungan sekolah yang memfasilitasi media belajar anak-anak yang variatif. Umumnya anak-anak suka bermain sehingga pihak pengajar perlu usaha lebih untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Ada banyak cara untuk meningkatkan ketrampilan imajinasi anak salah satunya adalah pemanfaatan media pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas pemanfaatan media pop-up book untuk meningkatkan keterampilan imajinasi anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif Quasi Eksperiment dengan bentuk desain Nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa TK TA Bucu 1 dan TK BA Aisyiyah yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji t (Independent sample t�test) pada program SPSS 23 for windows. Hasil Uji Instrumen menyatakan bahwa data dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Pada Uji Asumsi Klasik dinyatakan bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi secara normal dan Homogen. Hasil penelitian dari perhitungan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,041 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya penelitian ini membuktikan bahwa: media pop-up book efektif untuk meningkatkan keterampilan imajinasi anak di TK TA Bucu 1 dan TK BA Aisyiyah 2.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Imajinasi, Pop-up Book. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:44 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |