Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa (Studi Pada TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan


Runana , 1601908002 (2011) Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa (Studi Pada TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa (Studi Pada TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan]
Preview
PDF (Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa (Studi Pada TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial anak sangat penting dimiliki oleh seseorang. Melalui lingkungan kita akan memperoleh pengetahuan yang lebih luas dalam segala hal dan membuat belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Rendahnya perkembangan sosial siswa menjadi pokok permasalahan yang dihadapi guru di TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Berdasarkan kondisi tersebut perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan perkembangan sosial siswa di TK Depok 1 Toroh Kabupaten Grobogan? Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah siswa TK B di TK Depok 1 Toroh Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan diperoleh hasil berupa peningkatan kerja sama dan perkembangan sosial siswa baik dalam kegiatan kelompok maupun pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil, dalam rangka meningkatkan perkembangan sosial siswa, untuk itu disarankan pada semua guru agar mencoba menerapkan strategi pembelajaran yang baru sesuai dengan tema. Hasil penelitian menunjukkan, dengan strategi pembelajaran kooperatif menggunakan teknik bertukar pasangan dan teknik mencari pasangan dapat meningkatkan perkembangan sosial siswa di kelompok B TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Peningkatan kemampuan sosial tersebut ditandai dengan: (1) anak mampu bermain bersama teman dan mengerjakan tugas secara berkelompok; (2) anak mau bergantian dan antri dalam melaksanakan tugas; (3) anak mau mengikuti perintah dan petunjuk selama kegiatan berlangsung; (4) adanya komunikasi antar anak dan kemauan anak untuk mengajak temannya bermain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Memanfaatkan Lingkungan, Perkembangan Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 07:46
Last Modified: 25 Apr 2015 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6671

Actions (login required)

View Item View Item