Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN Wonosari 03 Kabupaten Batang


LUKMAN HAKIM, 1402908013 (2010) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN Wonosari 03 Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN Wonosari 03 Kabupaten Batang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN Wonosari 03 Kabupaten Batang) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD bertujuan agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari– hari. Sasaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran IPS di SD meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dengan harapan terbinanya sumber daya manusia Indonesia yang akan datang yang berpengetahuan, terampil, cendekia dan mempunyai tanggung jawab sosial yang tinggi. Berdasarkan dokumentasi kelas V daftar nilai ulangan IPS tahun ajaran 2009/2010 semester I menunjukkan hasil belajar siswa belum maksimal diindikasikan perolehan nilai tertinggi 80 dan terendah 40, rata-rata kelas 58 menunjukkan belum tercapainya KKM sebesar 65.Melalui Model Kooperatif Tipe STAD diharapkan dapat meningkatkan kualitas Pembelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu meningkatkan aktivitas guru,meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian tindakan kelas, setiap siklus atau putaran terdiri empat tahapan yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian yaitu siswa dan guru kelas V pada SD Negeri Wonosari 03, Desa Wonosari Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang anak terdiri dari 14 siswa putra dan 11 siswa putri. Fokus penelitian (1) Aktivitas siswa, (2) Aktivitas guru, (3) hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data digunakan observasi untuk mengamati berlangsungnya proses pembelajaran dan dokumentasi untuk mengetahui data siswa dan data hasil uji kompetensi IPS sebelum diberi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Kooperatif tipe STAD meningkat terbukti dalam penelitian ini meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam penelitian ini sangat baik, data siklus I aktivitas siswa memperoleh 68% dengan kategori cukup, perbaikan pada siklus II siswa memperoleh 74% dengan kategori baik, dan pada siklus III 83% kategori baik. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran siklus I mendapat 70%, siklus II mendapat 86%, dan siklus III mendapat 90%. Hasil pengamatan secara keseluruhan aktivitas guru dalam pembelajaran menunjukkan bahwa guru sudah sangat baik dalam mengelola pembelajaran. Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 70,40 dalam kategori cukup, siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,80 dalam kategori baik, pada siklus III nilai rata-rata kelas menjadi 84,40 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran IPS melalui model Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa, Aktivitas guru dan hasil belajar siswa.Saran-saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru dalam setiap pembelajaran perlu merencanakan pendekatan atau strategi dan mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar, kerjasama untuk memecahkan suatu masalah dalam materi pembelajaran akan lebik mudah jika diselesaikan secara kelompok. Lembaga pendidikan pada umumnya dan SD Negeri Wonosari 03 Kabupaten Batang pada khususnya diharapkan menjadikan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengambil program-program pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 04:50
Last Modified: 25 Apr 2015 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item