Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal


Madinatul Munawaroh , 2302406030 (2011) Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal]
Preview
PDF (Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar bahasa Jepang siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Minat dan motivasi adalah faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar. Dengan adanya minat pada mata pelajaran, maka siswa akan cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap proses pembelajarannya dan akan menimbulkan motivasi yang menyebabkan siswa akan giat berusaha, gigih dan tak mau menyerah, dan giat membaca buku-buku untuk meningkatkan prestasinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh minat terhadap prestasi belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal? (2) Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi terhadap prestasi belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal sebanyak 66 siswa. Terdapat tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu minat, motivasi dan prestasi belajar bahasa Jepang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai Adjusted R² = 0,763 = 76,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel bebas minat dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat prestasi belajar sebesar 76,3% dan termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan untuk koefisien determinasi (r²) minat belajar adalah 0,225 (22,5%) dan untuk maka koefisien determinasi (r²) untuk motivasi belajar adalah 0,351 (35,1%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa minat dan motivasi belajar bahasa Jepang mepunyai pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar bahasa Jepang siswa Kelas XI Kayu SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Prestasi Belajar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 07:42
Last Modified: 25 Apr 2015 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6669

Actions (login required)

View Item View Item