PENGEMBANGAN MEDIA SAINS EDUBOOK LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA AUTIS DI KELAS II
Karismawati, 0103517161 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SAINS EDUBOOK LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA AUTIS DI KELAS II. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (TESIS)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasari kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) khususnya anak autis, yang membuat anak autis berkonsentrasi saat proses pembelajaran. Anak-anak autis sering tidak fokus, bermain sendiri, atau teralihkan perhatiannya saat belajar. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang berpusat pada aktivitas anak autis. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media sains edubook learning dan menguji pengaruh media sains edubook learning terhadap kemampuan konsentrasi belajar siswa autis di kelas II. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development (R&D). Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, pretest dan post test di SLB YPAC (Yayasan Pembina Anak Cacat) dan Pelita Hati Montessori School Kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji statistik, deskriptif, kuantitatif, uji n gain untuk mengetahui keefktifan dan kelayakan media sains edubook learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media Sains Edubook Learning dapat digunakan untuk belajar siswa autis pada materi benda padat dan cair beserta cirinya, (2) Media Sains Edubook Learning efektif digunakan untuk belajar siswa autis pada materi benda padat dan cair beserta cirinya, (3) Media Sains Edubook Learning menimbulkan ketertarikan siswa autis untuk mempelajari IPA materi benda padat dan cair beserta cirinya. Simpulan penelitian adalah media sains edubook learning efektif digunakan pada peningkatan konsentrasi belajar siswa autis kelas II. Implementasi media sains edubook learning akan lebih efisien jika kebutuhan dan fasilitas belajar terpenuhi secara menyeluruh yang dapat memvisualisasikan pengetahuan siswa autis secara nyata di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autis, Konsentrasi Belajar, Media Pembelajaran, Sains Edubook Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 10:25 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 10:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |